• June 13, 2024 7:35 am

TPNPB-OPM Klaim Tembak 3 Anggota TNI/Polri di Bandara Aminggaru Ilaga

TPNPB-OPM mengklaim pihaknya telah menembak 3 orang anggota TNI dalam baku tembak di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak.
Jakarta, CNN Indonesia

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengklaim pihaknya telah menembak tiga orang anggota TNI dalam baku tembak di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak Papua.

“Dalam laporannya Komandan Lapangan Numbuk Telenggen menyebutkan bahwa mereka telah berhasil tembak tiga anggota Pasukan Teroris yaitu TNI/Polri di Bandara Naminggaru di Ilaga Kabupaten Puncak Papua,” kata dia melalui keterangan resmi, Sabtu (19/2).

Sebby mengatakan Pimpinan TPNPB di Ilaga yaitu Komandan Operasi Umum Mayjen Lekagak Telenggen, Panglima KODAP Ilaga Bridgen Penny Murib, Pangglima KODAP Sinak Bridgen Militer Murib dan Komandan Lapangan Numbuk Telenggen bersama pasukannya bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Ia menuturkan kontak senjata telah terjadi pada pukul 04.00 WIT. Dia pun mengklaim dari pihak TPNPB sendiri tidak ada yang menjadi korban.

“Dalam Kontak senjata ini Kami Pasukan TPNPB berhasil tembak mati seorang anggota TNI dan melukai dua anggota lainnya,” sambung Sebby.

Sebelumnya, dilaporkan seorang personel Kopasgat TNI Angkatan Udara yang ditembak kelompok bersenjata di Ilaga, Kabupaten Puncak, merupakan orang Papua asli.

Prajurit Kopasgat tersebut diidentifikasi sebagai Praka Hermansyah yang sedang bertugas menjaga Bandara Aminggaru, Ilaga, saat ditembak KKB.

“Korban yang tertembak merupakan anak bangsa Indonesia asli Papua dari Suku Biak,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga melalui keterangan tertulis.

Aqsha mengatakan korban penembakan yakniPraka Hermansyahsudah dievakuasi menuju Puskesmas Ilaga, Kabupaten Puncak, dengan menggunakan Ambulance milik Bandara Ilaga.

Aqsha menuturkan selanjutnyaHermansyahakan di evakuasi menggunakan Heli TNI AU menuju Bandara Mozes Kilangin Mimika. Hermansyah diketahui terluka di bagian bahu kanan. Tembakan diperkirakan berasal dari kawasan hutan yang terletak di ujung Bandara Aminggaru.

(mrh/isn)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | TPNPB-OPM Klaim Tembak 3 Anggota TNI/Polri di Bandara Aminggaru Ilaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *