• April 12, 2024 7:47 pm

Ini Tips Mengubah Kulit Kusam Menjadi Bersinar

SIAPA yang tidak mau punya kulit sehat dan bersinar? Tapi, sayangnya, sebagian orang mengalami masalah kulit kusam yang biasanya terlihat tidak sehat, tidak cerah, dan terdapat flek hitam.

Penyebabnya bervariasi, seperti kulit wajah yang kering, kekurangan vitamin C, terpapar sinar UV tanpa perlindungan, serta kurangnya eksfoliasi. Faktor internal seperti pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur juga dapat memicu kulit menjadi kusam.

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok, Mulai dari Keramas Terlalu Sering Hingga Covid-19

Perlu dilakukan perawatan khusus agar kulit yang kusam menjadi cerah kembali. Tetapi ternyata merawat kulit kusam tidaklah sulit, simak kiat-kiat berikut ini, seperti dikutip dari keterangan resmi BeautyHaul, Kami (17/2).

Bersihkan kulit wajah dengan rutin mencuci muka

Untuk langkah pertama memiliki kulit yang cerah, tentu saja kita harus mencuci muka secara rutin untuk menjaga kebersihan kulit wajah. 

Kulit wajah yang bersih akan membantu kandungan baik yang ada dalam produk-produk skincare terserap secara optimal. Mencuci muka dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas.

Mengenai produk yang akan digunakan secara rutin, penting untuk kita memperhatikan kualitas dan kandungannya. 

Pilihlah sabun cuci muka yang memiliki tekstur ringan, tidak merusak skin barrier, aman dan nyaman untuk kulit, serta teruji secara klinis.  

Perkuat bagian terluar kulit

Skin barrier adalah bagian paling luar dari kulit yang memberikan proteksi menyeluruh hingga ke lapisan dalam. Lapisan ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Kerusakan pada skin barrier dapat menyebabkan wajah menjadi kering yang pada akhirnya akan memicu penuaan dini dan kulit wajah menjadi kusam.

Maka dari itu, merawat skin barrier menjadi penting agar fungsinya berjalan dengan baik sehingga kulit dapat menyerap manfaat produk yang kita gunakan dan pada akhirnya akan mencerahkan kulit wajah. Optimalkan perawatan skin barrier dengan pelembap.

Rutin merawat wajah dengan produk mengandung vitamin C

Kandungan vitamin pada buah jeruk ini ternyata memiliki khasiat tersendiri untuk merawat kulit wajah. Vitamin C termasuk antioksidan yang dapat digunakan secara langsung pada kulit wajah untuk merawat dan mengatasi masalah kulit akibat paparan sinar matahari.

Hal itu karena antioksidan di dalam vitamin c bisa melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih cerah dan bersinar.  

Disiplin pakai tabir surya

Tabir surya adalah produk perawatan kulit yang wajib digunakan sehari-hari. Dikatakan wajib karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah dalam jangka panjang. 

Manfaat tabir surya untuk wajah tidak langsung dirasakan secara instan, namun efeknya dapat dirasakan secara jangka panjang.

Selain melindungi dari bahaya sinar ultraviolet, tabir surya juga bermanfaat agar kulit terhindar dari flek hitam yang dapat membuat kulit kusam. Penting untuk kita menggunakan tabir surya secara tepat agar manfaatnya dapat terasa, caranya pakai tabir surya sebanyak dua ruas jari dan oleskan kembali setiap dua jam, atau lebih sering jika berenang atau berkeringat banyak.

Rutin eksfoliasi wajah

Sel kulit mati yang menumpuk merupakan penyebab utama wajah menjadi kusam. Maka dari itu, selain membersihkan wajah setiap hari, penting juga untuk melakukan eksfoliasi secara rutin sebanyak dua kali seminggu. Tetapi perlu diingat, frekuensi eksfoliasi harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

Apabila kamu memiliki kulit yang sensitif, eksfoliasi dapat dilakukan kurang dari dua kali seminggu. Dengan melakukan eksfoliasi, sel kulit mati dan komedo yang tidak terangkat saat mencuci muka dapat dibersihkan. (Ant/OL-1)


Sumber: Media Indonesia | Ini Tips Mengubah Kulit Kusam Menjadi Bersinar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *