• April 24, 2024 10:03 am

Sesepuh Tolak Usul Provinsi Sunda, Ridwan Kamil Dorong Pemekaran

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menganggap lebih baik jumlah kabupaten/kota ditambah demi peningkatan dana fiskal dari pusat ke Jawa Barat.
Bandung, CNN Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan para sesepuh menolak usulan pembentukan Provinsi Sunda. Lebih baik mengajukan pemekaran kabupaten/kota demi peningkatan dana fiskal dari pusat ke Jawa Barat yang sejauh ini dianggap masih minim.

“Yang ingin lebih kami perjuangkan adalah pemekaran kota/kabupaten di Jabar yang jumlahnya terlalu sedikit, sehingga terjadi ketidakadilan fiskal dalam dana bagi hasil dari pusat ke daerah,” kata Emil dalam pertemuan silaturahmi dengan tokoh Sunda di Aula Pasca Sarjana Universitas Pasundan, Kota Bandung, Sabtu (5/2).

Sebelumnya, Maklumat Sunda 2022 yang diprakarsai oleh Gerakan Pilihan Sunda dan Lembaga Adat Karatwan Galuh Pakuan mengusulkan penggabungan Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten menjadi Provinsi Sunda.

Namun, para tokoh Sunda yang menggelar pertemuan di Aula Pasca Sarjana Unpas sepakat menolak.

“Terkait deklarasi itu, para inohong, juga ketua organisasi masyarakat tidak menyetujui penggabungan tiga provinsi menjadi Provinsi Sunda,” cetus eks Wali Kota Bandung itu.

para tokoh Sunda juga menentang kelompok yang mengatasnamakan Islam dengan tujuan memecah belah bangsa. Ini merespons isu deklarasi Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Garut.

Emil mengatakan para tokoh Sunda mendukung Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk menindak tegas kelompok tersebut.

“Kami sangat menentang kelompok yang mengatasnamakan Islam dengan tujuan memecah belah, seperti ada deklarasi NII di Garut.

Tidak ketinggalan, Emil mengatakan bahwa para tokoh sunda pun bakal membentuk suatu forum. Itu dilakukan usai polemik Anggota DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan yang melarang anggota kejaksaan bicara bahasa Sunda dalam rapat.

“Seperti kejadian baru-baru ini dari salah seorang anggota DPR terkait dengan kesundaan, gairah dari tokoh-tokoh Sunda saat ini sedang semangat sekali untuk bersatu, menyamakan irama dan suara, sehingga insya Allah, nanti akan lahir organisasi forum komunikasi supaya isu-isu kesundaan cukup keluar dari satu pintu,” ujarnya.

(hyg/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Sesepuh Tolak Usul Provinsi Sunda, Ridwan Kamil Dorong Pemekaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *