• April 24, 2024 9:35 am

Uang kripto Binance berharap Rusia bantu pertumbuhannya di regional

ByRedaksi PAKAR

Jan 28, 2022
Uang kripto Binance berharap Rusia bantu pertumbuhannya di regional
Moskow (ANTARA) – Binance, bursa mata uang kripto terbesar di dunia, ingin melakukan ekspansi di Rusia dan negara-negara tetangga, di mana ia memperkirakan prospek untuk peraturan baru akan meningkatkan bisnisnya, kata seorang eksekutif.

Politisi Rusia telah mendesak untuk perubahan taktik oleh bank sentral, yang telah mengusulkan pembatasan perdagangan dan penambangan mata uang kripto karena kekhawatiran itu dapat menyebabkan ketidakstabilan keuangan. Mereka mengatakan itu seharusnya mengatur bisnis yang bisa menarik lebih banyak pendapatan pajak.

Presiden Vladimir Putin telah meminta bank sentral untuk menemukan konsensus tentang bagaimana menangani bisnis mata uang kripto, yang telah dihadapi oleh bank sentral dan regulator di seluruh dunia.

“Tujuan kami adalah untuk mendapatkan lisensi dan menjalankan bisnis legal di mana peraturan mengizinkan,” kata Direktur Binance Eropa Timur Gleb Kostarev kepada Reuters, menambahkan bahwa perusahaannya mengharapkan pendekatan regulasi progresif dari Rusia yang dapat mempengaruhi pendekatan yang diambil oleh tetangganya.

Baca juga: Rusia usulkan larangan penggunaan dan penambangan mata uang kripto

Kostarev mengatakan Rusia di mana bank sentral mengatakan volume tahunan transaksi mata uang kriptonya mencapai sekitar 5 miliar dolar AS, secara strategis penting bagi Binance.

Dia menggambarkan proposal bank sentral untuk membatasi perdagangan sebagai hal yang keras, menambahkan: “Untuk saat ini, kami menganggap ini sebagai undangan untuk berdialog dengan regulator.”

Rusia selama bertahun-tahun menentang mata uang kripto, dengan mengatakan mereka dapat digunakan dalam pencucian uang atau untuk membiayai terorisme. Itu memberi mereka status hukum pada 2020 tetapi melarang penggunaannya untuk pembayaran.

Kostarev mengatakan pendekatan Rusia sekarang dapat membantu menentukan bagaimana negara-negara lain di kawasan itu menangani mata uang kripto.

“Di Ukraina, Kazakhstan, dan Uzbekistan, mereka lebih setia pada mata uang kripto dan mengambil langkah menuju liberalisasi, daripada pembatasan,” katanya. “Tetapi regulator lokal mengambil langkah-langkah ini dengan memperhatikan Rusia.”

Baca juga: MUI haramkan kripto sebagai mata uang dan diperdagangkan

Hashrate global, yang mengacu pada daya komputasi yang digunakan oleh komputer yang terhubung ke jaringan bitcoin, berkurang sekitar 20 persen bulan ini karena kerusuhan politik dan pemadaman listrik di Kazakhstan, perkiraan Binance.

Kostarev mengatakan angka itu sekarang mulai pulih.

Investigasi Reuters pekan lalu menunjukkan Binance menahan informasi tentang keuangan dan struktur perusahaannya dari regulator, bahkan saat ia menyambut baik pengawasan pemerintah dan memuji program anti pencucian uangnya.

Seorang juru bicara Binance menanggapi dengan mengatakan bahwa perusahaan mendukung “teknologi dan undang-undang yang akan mengatur industri kripto untuk menjadi industri yang aman dan teregulasi dengan baik.”

Penyelidikan juga menemukan Binance bertindak melawan departemen kepatuhannya sendiri dengan merekrut pelanggan di Rusia dan enam negara bagian lain yang dianggap memiliki risiko pencucian uang “ekstrim”.

Binance mengatakan memiliki “salah satu pendekatan paling canggih” untuk menegakkan anti pencucian uang dan pendanaan kontra-terorisme di sektor keuangan dan peringkat risiko internal disesuaikan menurut berbagai variabel.

Baca juga: Dolar melonjak, bank sentral AS bersiap naikkan suku bunga lebih cepat

Baca juga: Harga emas anjlok 36,6 dolar, terpukul penguatan “greenback”

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Uang kripto Binance berharap Rusia bantu pertumbuhannya di regional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *