• January 29, 2022 8:33 pm

Mobile Application Burst-B Dukung Keselamatan Penghuni Bangunan Fasilitas Umum

HASIL penelitian yang dilakukan di perguruan tinggi perlu diaplikasikan agar dapat berkontribusi pada pemecahan masalah nyata di masyarakat. Salah satu permasalahan yang timbul pada beberapa tahun belakangan ini yakni peristiwa ledakan pada fasilitas umum yang dapat diakibatkan serangan teroris, malafungsi pabrik industri kimia, pembangkit energi tenaga nuklir, stasiun pengisian bahan bakar, serta kejadian ledakan lain yang dapat membahayakan keselamatan masyarakat. 

Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan keselamatan berupa prediksi, pencegahan, dan mitigasi dari kejadian ledakan tersebut. Mitigasi yang sangat efektif berupa ketahanan struktur dan integritas fisik dari struktur bangunan. Bila struktur bangunan dirancang secara tepat terhadap beban abnormal atau beban ledakan ini, kerusakan dan kehancuran struktur bangunan dapat dihindari. 

Sebagai tambahan, agar keamanan dari struktur bangunan akibat beban ledakan tetap terpenuhi diperlukan prosedur evaluasi dan retrofit bangunan bila diperlukan. Berbagai bahan peledak saat ini memiliki ukuran kecil tetapi lebih dahsyat hasilnya dibandingkan dengan tipe beban ledakan beberapa tahun yang lalu. Perkembangan teknologi beban ledakan saat ini bersifat mobile (dapat dikendalikan dari jauh) sehingga kawasan yang terdampak semakin luas. Pada umumnya, korban yang timbul akibat beban ledakan tidaklah semata-mata akibat beban ledakan itu sendiri, tetapi diakibatkan oleh runtuhnya struktur bangunan akibat sifat ledakan berupa pelepasan energi yang sangat besar.

Kebijakan Universitas Bakrie mengarah pada experiential learning untuk menyiapkan mahasiswa terjun ke dunia industri dan terus berupaya menyelesaikan permasalahan di masyarakat serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat melatarbelakangi pengusulan program ini. Melalui pengusulan program ini, dosen dan mahasiswa menjalin kerja sama kemitraan dengan industri (PT Wiratman and Associates) yang memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak untuk memberikan kontribusi dalam permasalahan rancang bangun struktur yang tahan terhadap ledakan serta memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa. 

Dalam program ini, mahasiswa akan mendapatkan supervisi dalam menyelesaikan desain teknis, berkoordinasi dengan rekan mahasiswa dalam tim maupun berkoordinasi dengan tim dari mitra kerja sama yang juga merupakan bagian dari pelaksanaan program MBKM dengan skema magang kerja, penelitian, dan proyek independen. Dosen yang terlibat juga akan dimanfaatkan kepakarannya oleh mitra, melakukan publikasi bersama serta menghasilkan produk berupa mobile application mengenai blast load (beban ledakan) yang akan digunakan untuk kepentingan masyarakat luas mengenai dampak beban ledakan (blast load) terhadap fasilitas umum yang dapat mempengaruhi keselamatan penghuni bangunan atau fasilitas umum tersebut.

Universitas Bakrie didukung oleh program Matching Fund dari Kemendikbud-Ristek dengan penelitian berjudul Rancangan Elemen Struktur Bangunan Fasilitas Umum yang Tahan Terhadap Beban Ledakan dan Penciptaan Mobile Apps Blast Load (Burst-B). Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahap sebelumnya, masih ditemukan rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap dampak beban ledakan pada fasilitas umum yang dapat mengancam keselamatan. 

“Mobile App Burst-B merupakan bentuk kontribusi nyata dosen dan mahasiswa Universitas Bakrie yang bermanfaat besar untuk peningkatan keselamatan bangunan publik beserta penggunanya akibat beban ledakan,” ungkap Fatin Adriati, Dosen Teknik Sipil Universitas Bakrie, dalam keterangan resmi, Rabu (29/12). Oleh karena itu melalui program Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian PTS, Universitas Bakrie (Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Sistem Informasi) melaksananakan pengabdian hasil penelitian ini guna meningkatkan kapasitas masyarakat tentang pentingnya pemahaman mengenai blast load. (OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Mobile Application Burst-B Dukung Keselamatan Penghuni Bangunan Fasilitas Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published.