• June 24, 2024 4:59 am

BNPT: Arrangement on CT dengan Rumania komitmen perangi terorisme

BNPT: Arrangement on CT dengan Rumania komitmen perangi terorisme

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengatakan penandatanganan Arrangement on Counter Terrorism (CT) Cooperation antara RI dan Serviciul Român de Informații (SRI) atau Badan Intelijen Rumania merupakan tonggak awal komitmen memerangi terorisme di kedua negara tersebut

“Penandatanganan perjanjian ini sebagai tonggak awal dalam komitmen bersama untuk melawan dan memerangi terorisme dalam segala bentuk,” ucap Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Berkaca dari pengalaman kerja sama yang pernah dilaksanakan sebelumnya, BNPT optimistis kerja sama dengan Rumania kali ini pun akan berjalan efektif dan berdampak pada kedua negara.

Baca juga: Indonesia buka peluang kerja sama keamanan siber dengan Rumania

Pada tahun 2006, RI dan Rumania menandatangani kesepakatan mengenai kerja sama dalam mencegah dan memberantas kejahatan terorganisir transnasional, terorisme, dan jenis kejahatan lainnya.

“Kita optimis bahwa kerja sama saat ini pun akan efektif dan berdampak positif bagi kedua negara,” kata Andhika.

Penandatanganan Arrangement on CT Cooperation dilaksanakan di Bali, Jumat (7/6). Indonesia diwakili oleh Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto, sementara pihak Rumania diwakili oleh Duta Besar Rumania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu.

Pada kesempatan tersebut, Dan Adrian Balanescu mengutarakan serupa bahwa ia optimistis terhadap manfaat dari kerja sama ini.

Baca juga: BNPT: Kerja sama internasional bidang terorisme prasyarat perdamaian

Menurut dia, Arrangement on CT Cooperation ini akan berdampak bagi negaranya meskipun ancaman terorisme di Rumania terbilang rendah.

“Tingkat ancaman terorisme di Rumania hingga saat ini rendah. Namun, optimis bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat bagi Rumania,” ucap Dan.

Arrangement on CT Cooperation atau Pengaturan Kerja Sama Penanggulangan Terorisme terdiri dari beberapa ruang lingkup, mulai dari pertukaran informasi, saling berbagi praktik-praktik, baik, kerja sama di bidang pencegahan, pertukaran kunjungan para ahli, maupun penguatan kapasitas melalui konferensi, seminar, dan pelatihan.

Baca juga: Indonesia-Rumania bakal kolaborasi program pemberdayaan lansia

Baca juga: Indonesia dan Selandia Baru perkuat komitmen penanggulangan terorisme

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “BNPT: Arrangement on CT dengan Rumania komitmen perangi terorisme” pada 2024-06-11 14:27:53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *