• July 26, 2024 12:04 am

BKSAP DPR: World Water Forum Ke-10 momen cegah terjadinya krisis air

BKSAP DPR: World Water Forum Ke-10 momen cegah terjadinya krisis air

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Momen yang berharga bagi para perwakilan parlemen dunia dari 49 negara untuk berbagi wawasan seputar penanggulangan krisis air di dunia.

Jakarta (ANTARA) – Anggota Delegasi Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Hasnuryadi Sulaiman menilai World Water Forum Ke-10 merupakan momen untuk mencegah terjadinya krisis air dunia yang merupakan ‘bom waktu’ dan setiap negara saat ini menghadapinya.

Pasalnya, menurut dia, selain masalah kesehatan, krisis air dunia juga berpotensi memicu guncangan ekonomi, stabilitas politik, hingga konflik global.

“Tentunya ini menjadi momen yang berharga bagi para perwakilan parlemen dunia dari 49 negara untuk berbagi wawasan seputar penanggulangan krisis air di dunia,” kata Hasnuryadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Maka dari itu, dia berpendapat bahwa forum tersebut harus dimanfaatkan dengan baik sebagai momen berharga parlemen di dunia bertukar pikiran mengenai isu air bersih.

Dikatakan pula bahwa sikap DPR RI yang disampaikan Ketua Puan Maharani juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Hasnuryadi mengatakan bahwa PBB memang mencanangkan program SDGs 6 yang bertujuan pembangunan tersebut untuk menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih yang berkelanjutan untuk semua.

“Komitmen dan langkah konkret parlemen membantu penyediaan air bersih bagi rakyat yang kami wakili tentunya sejalan dengan tujuan pembangunan yang menjadi sasaran SDGs 6 dari PBB untuk menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih yang berkelanjutan untuk semua,” tuturnya.

Indonesia menjadi tuan rumah agenda internasional World Water Forum Ke-10 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 18—25 Mei 2024.

Salah satu agenda penting pertemuan parlemen dari 49 negara di World Water Forum Ke-10 di Bali tersebut adalah membahas isu krisis air dunia.

Selain itu, perhelatan internasional tersebut juga membahas konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.

Sebanyak 244 sesi pembahasan terkait air dalam World Water Forum Ke-10 dapat memberikan hasil konkret mengenai pengelolaan air secara global.

Baca juga: Menteri PUPR: Hari Danau Sedunia kunci utama jaga kelestarian danau

Baca juga: BNPT pastikan World Water Forum Ke-10 berjalan lancar dan aman

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “BKSAP DPR: World Water Forum Ke-10 momen cegah terjadinya krisis air” pada 2024-05-21 16:02:15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *