• July 24, 2024 4:56 am

IKABNAS dukung inisiatif Lemhannas reaktualisasi ketahanan nasional

IKABNAS dukung inisiatif Lemhannas reaktualisasi ketahanan nasional

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

“Tantangan baru muncul seperti pandemi, cyber warfare (peperangan siber), berita bohong, dan radikalisme yang berdampak serius terhadap eksistensi bangsa Indonesia jika tidak diantisipasi sejak dini,”

Jakarta (ANTARA) – Ikatan Keluarga Alumni Kebangsaan Lemhannas (IKABNAS) mendukung inisiatif Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI mengangkat kembali (reaktualisasi) konsepsi ketahanan nasional demi menghadapi beragam tantangan baru yang saat ini dihadapi Indonesia seperti peperangan siber dan pandemi.

Dalam peringatan HUT Ke-59 Lemhannas di Jakarta, Senin, Ketua Bidang Kedeputian Organisasi, SDM, dan Optimalisasi Anggota IKABNAS Imam Rozikin menjelaskan tantangan dan ancaman yang saat ini berkembang seiring dengan kemajuan teknologi membutuhkan reaktualisasi ketahanan nasional yang komprehensif dan adaptif terhadap perubahan.

“Tantangan baru muncul seperti pandemi, cyber warfare (peperangan siber), berita bohong, dan radikalisme yang berdampak serius terhadap eksistensi bangsa Indonesia jika tidak diantisipasi sejak dini,” kata Imam.

Dia melanjutkan dinamika geopolitik global juga serba tak pasti karena tiap faktor dan peristiwa yang terjadi di satu belahan dunia dapat berpengaruh pada stabilitas di negara-negara lainnya.

“Kestabilan ekonomi, keamanan dalam negeri, benturan peradaban dan situasi global adalah beberapa variabel yang mempengaruhi kondisi ketahanan nasional. Permasalahan yang muncul dalam setiap variabel akan berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap kondisi ketahanan nasional,” kata dia, yang saat ini aktif mengajar di beberapa kampus di Jakarta.

Terkait itu, pengurus ikatan alumni Lemhannas itu meyakini Lemhannas dapat menjadi motor penggerak untuk reaktualisasi konsepsi ketahanan nasional. Namun, upaya itu, menurut dia harus melibatkan lembaga lainnya.

“Reaktualisasi ketahanan nasional serta kebangkitan nasional, tanggung jawab itu tidak dapat dilimpahkan kepada satu dua pihak saja, tetapi perlu melibatkan seluruh elemen bangsa,” sambung dia.

Lemhannas RI, dalam peringatan HUT Ke-59, mengangkat kembali pentingnya reaktualisasi ketahanan nasional. Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono menjelaskan reaktualisasi itu penting mengingat tantangan ke depan juga ada dalam dunia siber.

“Dulu kita masih menggunakan (perangkat-perangkat, red) analog, sekarang digital. Perubahan-perubahan zaman seperti ini harus kita ikuti karena kalau tidak, kita akan tertinggal dan terlindas oleh zaman,” kata Plt. Gubernur Lemhannas.

Oleh karena itu, Plt. Gubernur Lemhannas menyatakan peringatan HUT Ke-59 menjadi momentum untuk mengingatkan kembali seluruh kalangan bahwa Lemhannas RI merupakan pusat rujukan (center of excellence) ilmu pengetahuan ketahanan nasional bangsa Indonesia.

“Reaktualisasi ketahanan nasional ini merupakan sebuah harapan bagi kita semua agar dapat mengingat kembali jati diri bangsa dengan memperkuat ketahanan nasional, yang merupakan daya lentur bangsa berisi keuletan dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan geopolitik global saat ini,” kata Eko Margiyono.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “IKABNAS dukung inisiatif Lemhannas reaktualisasi ketahanan nasional” pada 2024-05-20 17:58:05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *