• May 21, 2024 2:41 am

Buku Menyingkap Selubung Intelijen Sajikan Dinamika Spionase

Buku Menyingkap Selubung Intelijen Sajikan Dinamika Spionase

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Peluncuran buku Menyingkap Selubung Intelijen.(ANTARA/Walda Marison)

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ridlwan Habib melakukan peluncuran bukunya berjudul Menyingkap Selubung Intelijen di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/5).

Dalam buku tersebut, Ridlwan membongkar seluk beluk dunia intelijen Indonesia yang dianggap secara spesifik. “Jadi saya menjawab mitos-mitos soal intelijen,” ujar Ridlwan saat memberikan kata sambutan saat peluncuran.

Ridlwan menjelaskan, niatan membuat buku tentang seluk beluk dunia intelijen berawal ketika dirinya membuat konten di akun YouTube @Ridlwan Djogja.

Baca juga : Pakar Sebut BNPT telah Bendung Upaya Penyebaran Radikalisme dan Terorisme

Dalam akun YouTube tersebut, Ridlwan banyak menjawab beragam pertanyaan masyarakat tentang dunia spionase tersebut.

Dari mulai pertanyaan teknis hingga hal umum seperti perbedaan dunia intelijen yang sebenarnya dengan yang ada di film-film Hollywood pun dijawab oleh Ridlwan.

“Kalau ada penjual nasi goreng kemudian bawa HT, lalu HT-nya bunyi lalu nasi goreng dicicipi rasanya enggak enak wah ini benar intel. Terus kalau istri intelijen itu sering ditanya tetangga suaminya nggak pernah pulang. Hal begitu-gitu ternyata disenangi netizen (warganet). Saya menjawab mitos-mitos itu dalam akun YouTube,” papar Ridlwan.

Baca juga : 239 Penulis se-Indonesia Menorehkan Gagasan Terkait ASEAN

Ridlwan pun mulai tergerak untuk menuangkan seluruh pembahasan di kanal YouTube ke dalam sebuah buku yang berjudul “Menyikap Selubung Intelijen”

Dalam buku yang berisikan 300 lembar ini, dijelaskan seluruh seluk beluk dunia intelijen yang ada di dunia intelijen Indonesia. Dari mulai cara perekrutan, gaji, karir, hingga pendidikan agen intelijen.

Tidak hanya itu, dia juga membahas soal dinamika dunia intelijen dan fungsinya bagi ketahanan pemerintah Indonesia.

Ridlwan pun memastikan bahasa yang digunakan dalam buku ini dibuat sederhana agar dapat dimengerti semua masyarakat umum. Dengan adanya buku ini, Ridlwan berharap masyarakat bisa teredukasi dengan dinamika dunia intelijen. (H-2)

 

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Buku Menyingkap Selubung Intelijen Sajikan Dinamika Spionase” pada 2024-05-10 09:10:01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *