• May 3, 2024 10:44 pm

Indonesia Komitmen Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital ASEAN

Indonesia Komitmen Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital ASEAN

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Menteri Keuangan Sri Mulyani(AFP)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan komitmen Indonesia untuk mendorong implementasi kerja sama ekonomi digital di Asia Tenggara. Terlebih, itu telah menjadi kesepakatan bersama yang dihasilkan dalam kerangka kerja ekonomi ASEAN.

“Indonesia akan terus mendorong implementasi kerja sama ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara, termasuk upaya dalam mengatasi tantangan ekonomi digital seperti fraud, pencucian uang, dan pendanaan terorisme,” ujar Sri Mulyani melalui keterangan resmi, Selasa (23/4).

Hal itu disampaikan dalam diskusi panel Unleashing the Power of Digital Transformation to Enhance Connectivity in ASEAN yang merupakan bagian dari kegiatan pertemuan Musim Semi Dana Moneter Internasional-Kelompok Bank Dunia Tahun 2024 (2024 IMF-WBG Spring Meetings) di Washington DC, Amerika Serikat pekan lalu.

Dalam diskusi tersebut, Sri Mulyani membahas ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) yang bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi digital di ASEAN hingga mencapai US$2 triliun pada 2030.

DEFA menyediakan peta jalan yang komprehensif dalam mempercepat perdagangan digital, pengelolaan data, perkembangan inovasi, peningkatan produktivitas, serta pertumbuhan yang inklusif. (Z-11)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Indonesia Komitmen Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital ASEAN” pada 2024-04-23 10:24:45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *