• April 29, 2024 2:38 am

Polri Antisipasi Tindakan Kriminal Jelang Lebaran, Termasuk Terorisme

Polri mengatakan ada sejumlah kerawanan yang bisa terjadi di masa arus mudik Lebaran 2024. Termasuk, aksi terorisme.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan ada sejumlah kerawanan yang kemungkinan bisa terjadi di masa arus mudik Lebaran 2024. Termasuk, aksi terorisme.

“Kejahatan konvensional, kemacetan arus mudik maupun balik, ujaran kebencian, berita hoaks, sampai dengan kasus-kasus terorisme yang harus diantisipasi,” Aan kepada wartawan, Kamis (28/3).

Dalam kesempatan sama, Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca menyebut dampak dari perang di negara-negara luar seperti Rusia bisa menjadi pemicu para pelaku terorisme di Indonesia melakukan aksi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jadi memang kadang kala kita orang Indonesia ini dari pelaku pelaku teror memang ada kejadian di luar negeri ini menjadi role model daripada pelaku pelaku yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Kendati demikian, Verdianto menyatakan Densus 88 Antiteror Polri bersama instansi terkait sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi dan pencegahan dini aksi teror.

“Antisipasi dan memonitor semua jaringan-jaringan teroris yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada Jumat (5/4). Sementara itu untuk arus balik akan jatuh pada Minggu (14/4).

“Puncak mudik diperkirakan terjadi tanggal 5 sampai 7 April 2024 dan arus balik tanggal 14 sampai 15 April 2024,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers, Senin (18/3).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, kata Muhadjir, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 193,6 juta orang.

Menurut dia, jumlah itu mengalami kenaikan sekitar 60 persen dari tahun lalu yang hanya berjumlah 123,8 juta orang pemudik.

(dis/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Polri Antisipasi Tindakan Kriminal Jelang Lebaran, Termasuk Terorisme” pada 2024-03-29 15:10:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *