• July 16, 2024 4:24 am

Penembakan di Crocus City Hall Rusia dan Keterkaitan Donald Trump

Penembakan di Crocus City Hall, Rusia dan Keterkaitan Donald Trump 

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Crocus City Hall sebelumnya menjadi tempat kontes kecantikan “Miss Universe” yang diselenggarakan Donald Trump(AFP)

CROCUS City Hall di wilayah Moskow, tempat terjadinya penembakan dan kebakaran mematikan, adalah venue konser mewah di mana mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pernah menggelar kontes “Miss Universe”.

Tempat tersebut berjarak dekat dari stasiun Metro Moskow dan tepat di sebelah ring road kota Moskow, meskipun secara resmi berada di luar batas kota.

Kompleks tersebut juga mencakup pusat perbelanjaan dan pusat konferensi yang mengadakan acara seperti pameran mobil.

Baca juga : Tragedi di Konser Moscow: Tembakan Mesin, Teriakan, dan Inferno

Tempat konser yang relatif intim ini telah menarik berbagai bintang Rusia dan internasional.

Pelawak Inggris yang beralih menjadi politisi, Eddie Izzard, tampil dengan pertunjukan solo berbahasa Inggris di sana pada 2013.

Piknik, yang dijadwalkan tampil pada Jumat, adalah grup rock populer yang berasal dari era Soviet.

Baca juga : 1 Tewas dalam Serangan Drone di Kilang Minyak Rusia

Tempat tersebut dibangun pengembang real estat Aras Agalarov, yang sangat terkenal dan berpengaruh di Rusia serta memiliki keterkaitan dengan Trump.

Agalarov, 68, lahir di Azerbaijan namun memiliki kewarganegaraan Rusia.

Dia dinilai memiliki kekayaan sebesar US$1,2 miliar oleh Forbes pada tahun 2021. Perusahaannya, Crocus Group, mengkhususkan diri dalam pengembangan ritel mewah dan hiburan.

Baca juga : ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan Senjata di Rusia

Forbes Rusia melaporkan pekan lalu bahwa Agalarov dan mitra bisnisnya, putra Emin Agalarov, telah mengambil pinjaman pribadi untuk menyelamatkan bisnis tersebut.

Ayah dan anak tersebut datang ke lokasi serangan dan kebakaran pada Jumat malam, laporan agensi berita Rusia menyebutkan.

Emin Agalarov juga seorang penyanyi pop dan telah mengadakan konser di tempat tersebut. Dia adalah mantan suami dari putri Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev.

Baca juga : Rusia Murka, Tuduh Ukraina Sabotase Pemilu

Tempat Crocus City Hall dibuka tahun 2009 dan didedikasikan untuk Muslim Magomayev, seorang penyanyi pop terkenal dari era Soviet yang juga berasal dari Azerbaijan.

Pengusaha AS Trump menggelar kontes kecantikan Miss Universe di sana pada 2013, mengatakan kepada media ia telah mengundang Presiden Vladimir Putin, yang tidak datang.

Trump kemudian muncul dalam salah satu video musik pop Emin Agalarov dan hubungannya dengan keluarga tersebut menjadi perhatian publik beberapa tahun kemudian ketika ia mencalonkan diri sebagai presiden melawan Hillary Clinton.

Pada Juni 2016, Emin Agalarov mengatur pertemuan antara Donald Trump Jr, menantunya Jared Kushner, dan ketua kampanye Paul Manafort dengan seorang pengacara Rusia, Natalia Veselnitskaya, yang menawarkan informasi merugikan tentang Clinton.

Agalarov mengatakan kepada The Daily Mail Inggris bahwa pertemuan yang ia bantu atur atas permintaan ayahnya itu “tidak produktif dan tidak berguna”. (AFP/Z-3)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Penembakan di Crocus City Hall Rusia dan Keterkaitan Donald Trump” pada 2024-03-23 06:15:42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *