• July 16, 2024 3:16 am

BNPT Gencarkan Pencegahan Paparan Radikalisme dan Terorisme selama Ramadan

BNPT Gencarkan Pencegahan Paparan Radikalisme dan Terorisme selama Ramadan

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Ilustrasi(Medcom)

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran paham radikalisme dan terorisme di lingkungan masyarakat. Upaya itu bahkan semakin digencarkan pada Ramadan tahun ini.

“Terkait pencegahan radikalisme dan terorisme saat Ramadan, prinsipnya kegiatan pencegahan terus berlangsung di tengah masyarakat baik kesiapsiagaan, kontra radikalisasi dan deradikalisasi,” kata Direktur Deradikalisasi BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid saat dihubungi, Jumat (15/3).

Ia mengatakan tidak ada kriteria tempat dan waktu khusus dalam melakukan pencegahan penyebaran paham radikalisme dan terorisme. Seperti di pengajian-pengajian dan ceramah malam tarawih yang diduga sebagai sasaran.

Baca juga : BNPT Data WNI yang Ikut Pelatihan Terorisme di Luar Negeri

Nurwakhid menuturkan secara umum kegiatan BNPT dalam aspek pencegahan meliputi kesiapsiagaan, kontra radikalisasi dan deradikalisasi. Kesiapsiagaan artinya memastikan masyarakat memiliki kesiapan dan deteksi dini dalam mencegah aksi dan penyebaran paham radikal terorisme.

“Kontra radikalisasi berarti menangkal narasi, ideologi dan propaganda kelompok teroris agar tidak mempengaruhi masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan, deradikalisasi menyasar pembinaan ideologi. Baik terhadap narapidana teroris, mantan narapidana teroris dan mereka yang terpapar. (Z-11)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “BNPT Gencarkan Pencegahan Paparan Radikalisme dan Terorisme selama Ramadan” pada 2024-03-15 08:09:01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *