• July 24, 2024 4:44 am

Maruf Amin Apresiasi Program Christchurch Call Selandia Baru untuk Lawan Terorisme

Ma

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin(MI)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi program Christchurch Call yang merupakan inisiatif Pemerintah Selandia Baru untuk melawan aksi teror yang dilakukan kelompok ekstremis. Namun, ia menekankan upaya itu memerlukan keterlibatan kelompok moderat lewat dialog lintas agama.

“Saya apresiasi inisiatif Pemerintah Selandia Baru melalui Christchurch Call dalam menggalang upaya global melawan konten daring kekerasan dari kelompok ekstremis radikal,” kata Wapres Ma’ruf saat menemui Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters di Gedung Parlemen Selandia Baru, Rabu (28/2).

Ia mengatakan memelihara kemajemukan dan keragaman, terutama melalui kerukunan antarumat beragama, selalu menjadi pilar penting bagi keamanan, kestabilan, dan kesejahteraan bersama, baik di tingkat nasional maupun global.

Baca juga : Temui PM Selandia Baru, Wapres: Indonesia Utamakan Pembebasan Pilot Susi Air

Pada saat yang sama, kata Ma’ruf, masalah sosial ekonomi seringkali menjadi penyebab tumbuhnya ideologi ekstrem radikal intoleransi dan diskriminasi terutama di kalangan pemuda.

Untuk itu, penguatan kerja sama Indonesia-Selandia Baru di bidang lintas agama menjadi sangat penting, kata Ma’ruf menambahkan.

“Dalam kaitan ini, diperlukan pemberdayaan kelompok moderat melalui dialog lintas agama guna merawat keharmonisan kedua negara kita,” tuturnya.

Baca juga : Ma’ruf Amin Temui PM Selandia Baru Luxon Bahas Upaya Peningkatan Perdagangan

Aksi Christchurch diserukan oleh Perdana Menteri Selandia Baru Ardern dan Presiden Perancis Emmanuel Macron pada 15 Mei 2019 dalam rangka menyikapi aksi terorisme penembakan di dua masjid di Christchurch yang menewaskan 51 orang dan melukai puluhan lainnya pada 15 Maret 2019.

Kekejaman tersebut disiarkan langsung di Facebook dan memperbesar dampak buruk yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia.

Christchurch Call adalah serangkaian komitmen sukarela yang menyatukan pemerintah, perusahaan teknologi, dan masyarakat sipil, dengan tujuan bersama untuk menghilangkan konten teroris dan ekstremis. (Z-11)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Maruf Amin Apresiasi Program Christchurch Call Selandia Baru untuk Lawan Terorisme” pada 2024-02-28 06:42:35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *