• May 2, 2024 10:11 am

Sembilan Narapidana Teroris Lapas Surabaya Sumpah Setia NKRI

Sembilan narapidana kasus terorisme di Lapas I Surabaya mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kamis (18/1).

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Surabaya, CNN Indonesia

Sembilan narapidana kasus terorisme di Lapas I Surabaya mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kamis (18/1).

Pengucapan sumpah setia disaksikan Kadiv Pemasyarakatan Asep Sutandar dan perwakilan dari BNPT Kolonel Infantri Kurniawan, perwakilan Densus 88 AT Polri Kombes Iwan Ristiyanto dan Kepala Bapas Surabaya, Rika Apriyanti.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan pembinaan kepada narapidana yang dilakukan oleh Lapas Kelas I Surabaya dan stakeholder terkait,” kata Asep melalui keterangannya.

Asep berharap agar pengucapan ikrar setia kepada NKRI itu tidak jadi formalitas semata. Ia ingin agar para napiter benar-benar kembali ke ideologi Pancasila.

“Tetapi ikrar ini benar-benar membuktikan perbuatan dan tingkah laku kita sesuai dengan ideologi NKRI, yaitu Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu, Kalapas Surabaya Jayanta mengatakan selama ini pihaknya memberikan pembinaan khusus kepada para narapidana terorisme. Menurutnya, ikrar setia NKRI bukan akhir dari proses deradikalisasi.

“Masih ada program pembinaan lanjutan untuk memastikan narapidana teroris benar-benar telah menunjukkan perubahan perilaku,” kata Jayanta.

Kesembilan narapidana teroris yang mengucapkan ikrar setia kepada NKRI antara lain AS (mantan Jamaah Islamiyah Medan), AR (mantan Jamaah Islamiyah).

Kemudian ES (mantan Jamaah Islamiyah Medan), F (mantan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Makassar); GS (mantan Jamaah Islamiyah Medan).

Lalu, H (mantan Jamaah Ansharut Daulah (Makassar), MF (mantan Mujadidin Indonesia Timur/MIT), MIG (mantan Jamaah Ansharut Daulah Poso), dan ST (mantan Jamaah Islamiyah Medan).

Salah satu narapidana terorisme AS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini aktif untuk memantapkan hatinya kembali setia ke NKRI.

“Pihak lapas dan para mantan warga binaan selalu mendukung kami selama sekitar sebulan lebih di Porong (Lapas Surabaya),” kata AS.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Sembilan Narapidana Teroris Lapas Surabaya Sumpah Setia NKRI” pada 2024-01-19 03:13:49

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *