• March 29, 2024 1:30 am

Pakistan Cabut Pemimpin Sayap Kanan dari Daftar Teroris

PAKISTAN menghapus pemimpin sayap kanan, Saad Rizvi dari daftar pantauan terorisme, membuka jalan bagi pembebasannya dari penahanan di bawah kesepakatan untuk mengakhiri protes mematikan oleh para pengikutnya atas dugaan penistaan yang berlangsung selama berminggu-minggu.

Langkah itu terjadi seminggu setelah pemerintah setuju untuk membebaskan 2.000 anggota yang ditahan dari gerakan Tehrieek-e-Labbaik Pakistan (TLP), mencabut larangan terhadap kelompok itu dan setuju untuk membiarkannya mengikuti pemilihan.

Baca juga: Menlu Inggris Berjumpa Ridwal Kamil dan Bima Arya di Bogor Creative Center

Sebagai imbalannya, TLP telah setuju untuk menghindari politik kekerasan dan menarik permintaan agar duta besar Prancis diusir karena penerbitan karikatur Nabi Muhammad oleh majalah Prancis, kata para perunding.

TLP turun ke jalan pada pertengahan Oktober, memulai protes berminggu-minggu dan bentrokan yang menewaskan sedikitnya tujuh polisi, melukai puluhan di kedua sisi dan memblokir jalan raya tersibuk di negara itu.

Pada puncak kekerasan, pemerintah Perdana Menteri Imran Khan melarang TLP, menetapkannya sebagai kelompok teroris dan menangkap Rizvi.

Sebuah pemberitahuan pemerintah mengatakan nama kepala TLP Saad Rizvi dengan ini dihapus dari daftar pengawasan terorisme setelah pihak berwenang mencabut larangan tersebut.

Para ahli hukum mengatakan penghapusan dari daftar pantauan akan menjadi prasyarat hukum untuk pembebasan apa pun.

TLP, yang dapat memobilisasi ribuan pendukung, lahir pada tahun 2015 dari kampanye protes untuk mencari pembebasan seorang penjaga polisi yang membunuh seorang gubernur provinsi pada tahun 2011 atas seruannya untuk mereformasi undang-undang penodaan agama.

Ia memasuki politik pada 2017 dan mengejutkan elit politik dengan mengamankan lebih dari 2 juta suara dalam pemilihan 2018.

Pemilihan nasional berikutnya dijadwalkan pada 2023, dan para analis memperkirakan kelompok-kelompok politik akan mulai bersiap mulai awal tahun depan. (Aiw/Aljazeera/OL-6)


Sumber: Media Indonesia | Pakistan Cabut Pemimpin Sayap Kanan dari Daftar Teroris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *