• July 24, 2024 6:35 pm

Kumpulan Doa Nabi Sulaiman dari Meminta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Seseorang

Kumpulan Doa Nabi Sulaiman dari Meminta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Seseorang

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Di artikel ini akan membahas kumpulan doa Nabi Sulaiman a.s. mulai dari doa untuk meminta kekayaan hingga meluluhkan hati seseorang.

Seperti yang kita ketahui, Nabi Sulaiman a.s. adalah seorang nabi sekaligus raja yang mempunyai kerajaan yang besar.

Nabi Sulaiman a.s. juga mempunyai beragam mukjizat, salah satunya adalah dapat berbicara dengan hewan dan jin.

Nabi Sulaiman a.s. pun sering memanjatkan beragam doa untuk meminta suatu hal kepada Allah Swt. Doa Nabi Sulaiman a.s. inilah sering digaungkan oleh umat Islam.

Apa saja doa Nabi Sulaiman a.s.? Berikut kumpulan doanya.

Baca juga: Lengkap! Doa Tahiyat Awal dan Akhir Beserta Arti dan Keutamaannya

1. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Meminta Kekayaan

Seperti yang kita ketahui, Nabi Sulaiman a.s. merupakan nabi yang memiliki kerajaan besar serta kekayaan yang tidak ada tandingannya. Beliau membuat istana yang begitu megah sampai-sampai Ratu Balqis terpesona dibuatnya saat mendatangi istana Nabi Sulaiman a.s.

Kendati telah memiliki kekayaan dan kejayaan yang tidak ada tandingannya, Nabi Sulaiman a.s. kerap berdoa kepada Allah Swt untuk meminta rezeki.

Doa Nabi Sulaiman a.s. ini pun kerap dilantunkan umat Islam untuk mendapatkan rezeki berupa kekayaan. Berikut ini doa Nabi Sulaiman a.s. untuk meminta kekayaan seperti yang tertulis di Al-Qur’an Surat Sad ayat 35.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Qaala rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka anta alwahhaabu.

Artinya: “Ya Rabbku, ampuni segala dosaku dan beri kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Kendati demikian, ada perbedaan pendapat mengenai doa tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa doa tersebut hanya diperuntukkan bagi Nabi Sulaiman a.s. Sebab, Nabi Sulaiman a.s. meminta kerajaan yang tidak dimiliki orang lain.

Selain itu, permintaan Nabi Sulaiman a.s. dalam doa tersebut dimaksudkan untuk menyebarkan dakwah di bumi dan bukannya untuk ketamakan.

Tetapi, pendapat yang lain mengemukakan bahwa tidak masalah dalam melantunkan doa tersebut karena hal itu bisa menjadi salah satu usaha seseorang dalam mendapatkan rezeki dan ridho dari Allah Swt, meski tidak sama persis dengan Nabi Sulaiman a.s.

Lalu, ada doa lain lagi yang dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman a.s. dalam meminta rezeki yang lebih. Doa ini tertulis di Al-Qur’an Surat An-Naml ayat 15.

Dalam doa ini, Nabi Sulaiman a.s. secara halus meminta rezeki atau meminta kekayaan yang lebih kepada Allah Swt. Alih-alih memohon, Nabi Sulaiman a.s. justru memuji dan merayu Allah Swt.

Beliau mengucap Alhamdulillah dan setelahnya mengucap kata-kata “melebihkan kami” yang bisa menjadi pertanda untuk mendapat kekayaan dari Allah Swt.

Berikut bacaan doa nabi Sulaiman untuk meminta kekayaan tersebut:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Alhamdulillahilladzi fadholana ‘alaa katsiiri min ‘ibaadihil mu’miniin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-Nya yang beriman.”

Baca juga: 6 Doa Nabi Ibrahim a.s. dalam Al-Qur’an Lengkap dari Arab, Latin, dan Artinya

2. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Selalu Bersyukur

Dititipi kerajaan yang begitu besar, kekayaan yang berlimpah, serta pemahaman akan ilmu begitu luas, membuat Nabi Sulaiman a.s. menjadi salah satu nabi yang sering berdoa untuk mengucap rasa syukur.

Doa Nabi Sulaiman a.s. yang satu ini pun sering menjadi acuan bagi kaum Muslimin sebagai doa untuk selalu bersyukur kepada Allah Swt dan juga sebagai permohonan agar termasuk ke dalam golongan orang yang saleh.

Berikut doanya:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi awzi’nii an asykura ni’mataka allatii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa-an a’mala shaalihan tardaahu wa-adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadika alshshaalihiina.

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Sebenarnya, doa tersebut dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman a.s. saat dirinya hendak pergi berperang bersama pasukannya. Di perjalanan, Nabi Sulaiman a.s. mendengar perkataan semut yang ketakutan melihat bala tentara sang nabi karena takut terinjak.

Mendengar hal tersebut, Nabi Sulaiman a.s. tersenyum dan menyebut bahwa dirinya dan pasukannya tidak akan menyakiti semut.

Karena dirinya yang bisa mendengar dan memahami perkataan semut itulah Nabi Sulaiman a.s. bersyukur atas karunia yang Allah Swt berikan padanya dan memanjatkan doa tersebut.

Baca juga: Doa Nabi Ayub untuk Meminta Kesembuhan dari Penyakit Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

3. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Mengusir Jin dan Menolak Bala

Ada banyak mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman a.s., di antaranya adalah dapat berbicara dengan hewan serta dapat menundukkan hewan buas dan jin.

Diketahui pula Nabi Sulaiman a.s. juga memiliki tentara jin untuk menjaga istana dan kerajaannya. Karena hal inilah Nabi Sulaiman a.s. dikatakan dapat menundukkan jin karena bisa berkomunikasi dengan makhluk tersebut.

Ada doa yang dipanjatkan untuk mengusir jin. Doa ini sering dilantunkan ketika seseorang sedang kerasukan.

Berikut doanya.

يارب جبريل وميكائيل وإسـرافيل وعزرائيل وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب جنا وإنسـانا وريحا وغماما تسـليما كثيرا وسـبحانه وتعالى جل جلاله وكماله عليما

يا إبليس يا إبليس يا إبليس والشـياطين سـاكنا فى الظلماتربنا تقبل منا دعاء سـليمان وصلى الله على سـليمان وعلى سـائر الأنبياء برحمتك يا أرحم الراحمين

Allohumma adkhilna fi suri sulaimana wa mulki sulaimana minal masyriqi ilal maghrib bi dzatihi wa shifatihi wa af’alihi wa quwwwatihi.

Ya robba jibrila wa mikaila wa isrofila wa ‘azroila. Wa mulku sulaimana minal masyriqi ilal maghribi,jinnan wa insan wa rihan wa ghomaman,tasliman katsiron . Wasubhanahu wa ta’ala jalla jalaluhu wa kamaluhu ‘aliman.

Ya iblisu… (3x) wasy syayathinu sakinan fizhulumati.

Robbana taqobbal minna du’a`a sulaimana, wa shollallohu ‘ala sulaimana wa ‘ala sa_iril anbiyai birohmatika ya arhamar rohimin.

Artinya: “Ya Allah, masukkan kami dalam kawalan lingkungan Nabi Sulaiman, dan Nabi Sulaiman telah memiliki daripada timur dan barat dengan kebolehan anugerah Allah, sifat, perbuatan-perbuatan dan juga kekuatannya. Selamat sejahterakanlah kami wahai Tuhan Jibrail, Mikail, Israfil, dan Izrail.

Telah menguasai Nabi Sulaiman dari timur dan barat, jin, manusia, angin dan awan, berserta keselamatan yang banyak. Maha suci Allah Ta’ala yang Maha Mulia kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, ketahuilah oleh kamu, wahai iblis, wahai iblis, wahai iblis, setan-setan tinggal dalam kegelapan.

Wahai Tuhan kami, terimalah dari pada kami doa Nabi Sulaiman dan semoga rahmat Allah atas Nabi Sulaiman, juga para nabi dengan rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.”

Selanjutnya ada doa tolak bala yang bisa menjadi pegangan kita untuk meminta perlindungan Allah Swt dari segala macam marabahaya yang terlihat dan maupun yang tidak terlihat.

رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

Rabbi a’uudzibika min hamazaatisy syayaathiini wa a’uudzubika rabbi an yahdhuruun

Artinya: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (QS. Al-Mukminun:97-98).

Baca juga: Doa Nabi Zakaria untuk Mendapatkan Keturunan yang Saleh, Tercantum Dalam Al-Qur’an

4. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Menjinakkan Hewan

Sudah disebutkan sebelumnya, Nabi Sulaiman juga mempunyai mukjizat untuk berbicara dengan hewan dan bahkan dapat menjinakkan hewan.

Oleh sebab itu, saat kita sedang takut dengan suatu hewan, kita bisa membaca doa di bawah ini.

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Bismillah hirrahmani rahiim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Semoga kita diselamatkan oleh Allah Swt dari hewan-hewan buas. Namun, penting diingat adalah jangan sembarangan dalam bertindak karena hal itu bisa saja berakibat fatal.

Baca juga: Doa Sholat Tarawih Lengkap dari Niat, Bacaan Bilal, Doa Kamilin, Hingga Dzikir

5. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Meluluhkan Hati Seseorang

Adapun bacaan doa Nabi Sulaiman a.s. untuk meluluhkan hati seseorang adalah sebagai berikut:

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

Innahuu min Sulaimaana wa innahuu bismil laahir Rahmaanir Rahiim.

Artinya: Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Namun, doa ini bukan secara spesifik untuk meluluhkan hati seseorang apalagi dimaksudkan untuk lawan jenis yang bisa mengundang hawa nafsu.

Doa Nabi Sulaiman a.s. yang satu ini merupakan doa agar Allah Swt dapat melembutkan hati yang keras.

Baca juga: 3 Doa Berbuka Puasa yang Umum dan Boleh Dilafalkan oleh Umat Muslim, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Itulah kumpulan doa Nabi Sulaiman a.s. yang bisa diamalkan di keseharian kita.

Kita bisa membacanya dan dibarengi dengan ibadah lainnya. Hal ini dimaksudkan agar doa cepat terkabul.

Jangan lupa juga untuk selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.

Ya, tugas kita selain berdoa adalah berusaha dan tawakkal. Niscaya Allah Swt akan memberikan semua kebutuhan kita dan merasa cukup dengan pemberian tersebut.

Semoga bermanfaat.

Di artikel ini akan membahas kumpulan doa Nabi Sulaiman a.s. mulai dari doa untuk meminta kekayaan hingga meluluhkan hati seseorang.

Seperti yang kita ketahui, Nabi Sulaiman a.s. adalah seorang nabi sekaligus raja yang mempunyai kerajaan yang besar.

Nabi Sulaiman a.s. juga mempunyai beragam mukjizat, salah satunya adalah dapat berbicara dengan hewan dan jin.

Nabi Sulaiman a.s. pun sering memanjatkan beragam doa untuk meminta suatu hal kepada Allah Swt. Doa Nabi Sulaiman a.s. inilah sering digaungkan oleh umat Islam.

Apa saja doa Nabi Sulaiman a.s.? Berikut kumpulan doanya.

Baca juga: Lengkap! Doa Tahiyat Awal dan Akhir Beserta Arti dan Keutamaannya

1. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Meminta Kekayaan

Seperti yang kita ketahui, Nabi Sulaiman a.s. merupakan nabi yang memiliki kerajaan besar serta kekayaan yang tidak ada tandingannya. Beliau membuat istana yang begitu megah sampai-sampai Ratu Balqis terpesona dibuatnya saat mendatangi istana Nabi Sulaiman a.s.

Kendati telah memiliki kekayaan dan kejayaan yang tidak ada tandingannya, Nabi Sulaiman a.s. kerap berdoa kepada Allah Swt untuk meminta rezeki. 

Doa Nabi Sulaiman a.s. ini pun kerap dilantunkan umat Islam untuk mendapatkan rezeki berupa kekayaan. Berikut ini doa Nabi Sulaiman a.s. untuk meminta kekayaan seperti yang tertulis di Al-Qur’an Surat Sad ayat 35.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Qaala rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka anta alwahhaabu.

Artinya: “Ya Rabbku, ampuni segala dosaku dan beri kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Kendati demikian, ada perbedaan pendapat mengenai doa tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa doa tersebut hanya diperuntukkan bagi Nabi Sulaiman a.s. Sebab, Nabi Sulaiman a.s. meminta kerajaan yang tidak dimiliki orang lain. 

Selain itu, permintaan Nabi Sulaiman a.s. dalam doa tersebut dimaksudkan untuk menyebarkan dakwah di bumi dan bukannya untuk ketamakan.

Tetapi, pendapat yang lain mengemukakan bahwa tidak masalah dalam melantunkan doa tersebut karena hal itu bisa menjadi salah satu usaha seseorang dalam mendapatkan rezeki dan ridho dari Allah Swt, meski tidak sama persis dengan Nabi Sulaiman a.s. 

Lalu, ada doa lain lagi yang dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman a.s. dalam meminta rezeki yang lebih. Doa ini tertulis di Al-Qur’an Surat An-Naml ayat 15.

Dalam doa ini, Nabi Sulaiman a.s. secara halus meminta rezeki atau meminta kekayaan yang lebih kepada Allah Swt. Alih-alih memohon, Nabi Sulaiman a.s. justru memuji dan merayu Allah Swt.

Beliau mengucap Alhamdulillah dan setelahnya mengucap kata-kata “melebihkan kami” yang bisa menjadi pertanda untuk mendapat kekayaan dari Allah Swt. 

Berikut bacaan doa nabi Sulaiman untuk meminta kekayaan tersebut:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Alhamdulillahilladzi fadholana ‘alaa katsiiri min ‘ibaadihil mu’miniin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-Nya yang beriman.” 

Baca juga: 6 Doa Nabi Ibrahim a.s. dalam Al-Qur’an Lengkap dari Arab, Latin, dan Artinya

2. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Selalu Bersyukur

Dititipi kerajaan yang begitu besar, kekayaan yang berlimpah, serta pemahaman akan ilmu begitu luas, membuat Nabi Sulaiman a.s. menjadi salah satu nabi yang sering berdoa untuk mengucap rasa syukur.

Doa Nabi Sulaiman a.s. yang satu ini pun sering menjadi acuan bagi kaum Muslimin sebagai doa untuk selalu bersyukur kepada Allah Swt dan juga sebagai permohonan agar termasuk ke dalam golongan orang yang saleh. 

Berikut doanya:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi awzi’nii an asykura ni’mataka allatii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa-an a’mala shaalihan tardaahu wa-adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadika alshshaalihiina.

Artinya: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Sebenarnya, doa tersebut dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman a.s. saat dirinya hendak pergi berperang bersama pasukannya. Di perjalanan, Nabi Sulaiman a.s. mendengar perkataan semut yang ketakutan melihat bala tentara sang nabi karena takut terinjak.

Mendengar hal tersebut, Nabi Sulaiman a.s. tersenyum dan menyebut bahwa dirinya dan pasukannya tidak akan menyakiti semut.

Karena dirinya yang bisa mendengar dan memahami perkataan semut itulah Nabi Sulaiman a.s. bersyukur atas karunia yang Allah Swt berikan padanya dan memanjatkan doa tersebut.

Baca juga: Doa Nabi Ayub untuk Meminta Kesembuhan dari Penyakit Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya 

3. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Mengusir Jin dan Menolak Bala

Ada banyak mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman a.s., di antaranya adalah dapat berbicara dengan hewan serta dapat menundukkan hewan buas dan jin. 

Diketahui pula Nabi Sulaiman a.s. juga memiliki tentara jin untuk menjaga istana dan kerajaannya. Karena hal inilah Nabi Sulaiman a.s. dikatakan dapat menundukkan jin karena bisa berkomunikasi dengan makhluk tersebut.

Ada doa yang dipanjatkan untuk mengusir jin. Doa ini sering dilantunkan ketika seseorang sedang kerasukan. 

Berikut doanya.

يارب جبريل وميكائيل وإسـرافيل وعزرائيل وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب جنا وإنسـانا وريحا وغماما تسـليما كثيرا وسـبحانه وتعالى جل جلاله وكماله عليما

يا إبليس يا إبليس يا إبليس والشـياطين سـاكنا فى الظلماتربنا تقبل منا دعاء سـليمان وصلى الله على سـليمان وعلى سـائر الأنبياء برحمتك يا أرحم الراحمين

Allohumma adkhilna fi suri sulaimana wa mulki sulaimana minal masyriqi ilal maghrib bi dzatihi wa shifatihi wa af’alihi wa quwwwatihi.

Ya robba jibrila wa mikaila wa isrofila wa ‘azroila. Wa mulku sulaimana minal masyriqi ilal maghribi,jinnan wa insan wa rihan wa ghomaman,tasliman katsiron . Wasubhanahu wa ta’ala jalla jalaluhu wa kamaluhu ‘aliman.

Ya iblisu… (3x) wasy syayathinu sakinan fizhulumati.

Robbana taqobbal minna du’a`a sulaimana, wa shollallohu ‘ala sulaimana wa ‘ala sa_iril anbiyai birohmatika ya arhamar rohimin.

Artinya: “Ya Allah, masukkan kami dalam kawalan lingkungan Nabi Sulaiman, dan Nabi Sulaiman telah memiliki daripada timur dan barat dengan kebolehan anugerah Allah, sifat, perbuatan-perbuatan dan juga kekuatannya. Selamat sejahterakanlah kami wahai Tuhan Jibrail, Mikail, Israfil, dan Izrail.

Telah menguasai Nabi Sulaiman dari timur dan barat, jin, manusia, angin dan awan, berserta keselamatan yang banyak. Maha suci Allah Ta’ala yang Maha Mulia kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, ketahuilah oleh kamu, wahai iblis, wahai iblis, wahai iblis, setan-setan tinggal dalam kegelapan.

Wahai Tuhan kami, terimalah dari pada kami doa Nabi Sulaiman dan semoga rahmat Allah atas Nabi Sulaiman, juga para nabi dengan rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.”

Selanjutnya ada doa tolak bala yang bisa menjadi pegangan kita untuk meminta perlindungan Allah Swt dari segala macam marabahaya yang terlihat dan maupun yang tidak terlihat.

رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

Rabbi a’uudzibika min hamazaatisy syayaathiini wa a’uudzubika rabbi an yahdhuruun

Artinya: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.” (QS. Al-Mukminun:97-98).

Baca juga: Doa Nabi Zakaria untuk Mendapatkan Keturunan yang Saleh, Tercantum Dalam Al-Qur’an

4. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Menjinakkan Hewan

Sudah disebutkan sebelumnya, Nabi Sulaiman juga mempunyai mukjizat untuk berbicara dengan hewan dan bahkan dapat menjinakkan hewan. 

Oleh sebab itu, saat kita sedang takut dengan suatu hewan, kita bisa membaca doa di bawah ini.

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Bismillah hirrahmani rahiim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Semoga kita diselamatkan oleh Allah Swt dari hewan-hewan buas. Namun, penting diingat adalah jangan sembarangan dalam bertindak karena hal itu bisa saja berakibat fatal.

Baca juga: Doa Sholat Tarawih Lengkap dari Niat, Bacaan Bilal, Doa Kamilin, Hingga Dzikir

5. Doa Nabi Sulaiman a.s. untuk Meluluhkan Hati Seseorang

Adapun bacaan doa Nabi Sulaiman a.s. untuk meluluhkan hati seseorang adalah sebagai berikut:

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِۙ

Innahuu min Sulaimaana wa innahuu bismil laahir Rahmaanir Rahiim.

Artinya: Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Namun, doa ini bukan secara spesifik untuk meluluhkan hati seseorang apalagi dimaksudkan untuk lawan jenis yang bisa mengundang hawa nafsu. 

Doa Nabi Sulaiman a.s. yang satu ini merupakan doa agar Allah Swt dapat melembutkan hati yang keras. 

Baca juga: 3 Doa Berbuka Puasa yang Umum dan Boleh Dilafalkan oleh Umat Muslim, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Itulah kumpulan doa Nabi Sulaiman a.s. yang bisa diamalkan di keseharian kita.

Kita bisa membacanya dan dibarengi dengan ibadah lainnya. Hal ini dimaksudkan agar doa cepat terkabul.

Jangan lupa juga untuk selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.

Ya, tugas kita selain berdoa adalah berusaha dan tawakkal. Niscaya Allah Swt akan memberikan semua kebutuhan kita dan merasa cukup dengan pemberian tersebut.

Semoga bermanfaat. 

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Kumpulan Doa Nabi Sulaiman dari Meminta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Seseorang” pada 2023-12-29 14:14:17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *