• April 20, 2024 8:46 am

Kapolri: 146 Tersangka Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023

Polisi menangkap penyuplai bahan peledak untuk dijadikan bom ikan yang diduga menjadi sumber ledakan di wilayah Pandeglang, Banten.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membeberkan ada sebanyak 146 tersangka teroris yang berhasil ditangkap sepanjang 2023 ini.

Preventive strike kami lakukan untuk meniadakan serangan teror sepanjang tahun 2023 dan berhasil menangkap 146 orang tersangka, di mana 4 orang di antaranya dilakukan penegakan hukum oleh Operasi Madago Raya 2023,” kata Listyo dalam acara Rilis Akhir Tahun di Mabes Polri, Rabu (27/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ratusan teroris yang berhasil ditangkap itu terdiri dari 68 orang kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD), 51 orang kelompok Jamaah Islamiyah (JI), 13 orang kelompok Anshor Daulah (AD), tujuh orang kelompok Jamaah Ansharu Syariah (JAS), lima orang kelompok Negara Islam Indonesia (NII), dan dua orang kelompok FPI.

Dari tangan tersangka teroris itu, kepolisian turut menyita sejumlah barang bukti. Beberapa di antaranya adalah 22 pucuk senjata api, tujuh pucuk senjata api rakitan, dua pucuk senjata softgun dan airsoft gun,

Kemudian juga disita 2.080 butir peluru dan tiga kotak peluru, 74 buah magasin, 31 buah bahan peledak, serta 163 buah senjata tajam.

Selain penangkapan, kata Listyo, pihaknya juga melakukan program deradikalisasi. Listyo menyebut total ada 256 narapidana teroris (napiter) yang kini berstatus hijau.

“Kemudian kami juga melakukan deradikalisasi sehingga terbebas dari ideologi yang menyimpang. Terdapat 4892 napiter dan keluarganya yang berhasil dilakukan deradikalisasi di mana 256 orang di antaranya saat ini berstatus hijau dan bersedia melepas baiat untuk setia kepada NKRI,” tutur dia.

Hal lain yang disampaikan Kapolri untuk mengantisipasi ancaman terorisme yaitu melalui rencana kontijensi terorisme. Sebanyak 315 operasi kepolisian tergelar sepanjang 2023.

“Kemudian kami juga melakukan antisipasi teror terhadap berbagai event-event yang penting, melalui rencana kontijensi terorisme dengan menggelar 314 operasi kepolisn yang terdiri dari 305 operasi kewilayahan dan 9 operasi terpusat,” ujar Listyo.

Lebih lanjut, Listyo menyebut pihaknya juga menggelar 315 operasi kepolisian sepanjang 2023 untuk mengantisipasi aksi terorisme di wilayah Indonesia.

“Kemudian kami juga melakukan antisipasi teror terhadap berbagai event-event yang penting, melalui rencana kontijensi terorisme dengan menggelar 314 operasi kepolisian yang terdiri dari 305 operasi kewilayahan dan 9 operasi terpusat,” ujarnya.

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Kapolri: 146 Tersangka Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023” pada 2023-12-27 13:44:40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *