• April 20, 2024 8:27 am

Kapolri di Misa Natal: Jaga Persatuan di Tengah Beda Pilihan Politik

Kapolri menitipkan pesan kepada kardinal serta umat Kristiani dan Katolik untuk tetap menjaga persatuan di tengah perbedaan pilihan politik.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menitipkan pesan kepada kardinal serta umat Kristiani dan Katolik untuk tetap menjaga persatuan di tengah perbedaan pilihan politik menjelang Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Listyo saat berbicara di Misa malam Natal 24 Desember 2023 di Gereja Katedral Jakarta.

“Tentunya dalam kesempatan ini, bapak kardinal, kami menitipkan pesan karena saat ini kita sedang masuk tahun politik yang tentunya ini juga menimbulkan perbedaan pilihan di dalam menentukan para pemimpin nasional yang akan datang,” ujar Listyo.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Namun, tentunya, kami titip mari kita doakan bersama-sama bahwa di tengah perbedaan pendapat yang ada, kita semua tetap saling mendoakan, kita semuanya tetap bersatu, sehingga akan terpilih pemimpin nasional yang betul-betul memang bisa menjaga rakyatnya, bisa membawa maju bangsanya, bisa membawa maju negara,” sambungnya.

Menurut Listyo, persatuan dan kesatuan dimaksud bisa dicapai dengan doa dan kesolidan antarumat beragama di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami titipkan pada kardinal dan seluruh umat Katolik baik yang ada di Gereja Katedral dan yang ada di mana pun mari kita berdoa untuk menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” ucap dia.

Dalam doorstop dengan awak media, Listyo menyampaikan jajarannya mengamankan pelaksanaan Misa Natal 2023 di 39.495 gereja di Indonesia. Ia memastikan pihaknya berupaya penuh membantu umat Kristiani dan Katolik beribadah dengan aman dan nyaman.

Ia berterima kasih kepada TNI dan organisasi masyarakat (Ormas) keagamaan yang telah membantu Polri melakukan kegiatan pengamanan demi kelancaran Ibadah Misa Natal.

“Ini menunjukkan bahwa toleransi beragama di Indonesia sangat luar biasa dan itu dibuktikan tanpa memandang agama dan suku. Semuanya ikut dalam kegiatan pengamanan ibadah,” kata Listyo.

Ia mengungkapkan Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap setidaknya 18 orang terduga tindak pidana terorisme dalam rangkaian pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Listyo menegaskan pihaknya terus melakukan langkah-langkah pengamanan terhadap kegiatan-kegiatan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Untuk hal-hal lain yang menjadi atensi kami dan tentunya mengganggu kelancaran ibadah, dari sisi Kamtibmas, kita tentunya melakukan langkah-langkah. Termasuk kita sudah mengamankan 18 orang yang saat ini kita lakukan pendalaman. Diamankan oleh teman-teman Densus 88,” tandasnya.

(ryn/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Kapolri di Misa Natal: Jaga Persatuan di Tengah Beda Pilihan Politik” pada 2023-12-25 00:59:50

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *