• April 20, 2024 9:00 am

Kapolri: Polisi Amankan Misa Natal di 39.495 Gereja

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan jajarannya mengamankan pelaksanaan Misa Natal 2023 di 39.495 gereja di Indonesia.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan jajarannya mengamankan pelaksanaan Misa Natal 2023 di 39.495 gereja di Indonesia. Ia memastikan pihaknya berupaya penuh membantu umat Kristiani dan Katolik beribadah dengan aman dan nyaman.

“Dan untuk hari ini ada kurang lebih 39.495 gereja yang saat ini kita amankan. Tentunya itu berada di seluruh Indonesia,” ujar Listyo di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (24/12) petang.

“Sementara ada kurang lebih 55.095 kegiatan Ibadah Natal yang telah dilaporkan, dan ini juga tentunya menjadi bagian yang harus kita amankan,” sambungnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Listyo mengatakan kegiatan pengamanan Misa Natal dibantu oleh TNI dan organisasi masyarakat (Ormas) keagamaan. Ia berterima kasih untuk hal tersebut.

“Ini menunjukkan bahwa toleransi beragama di Indonesia sangat luar biasa dan itu dibuktikan tanpa memandang agama dan suku. Semuanya ikut dalam kegiatan pengamanan ibadah,” kata Listyo.

“Ini kita harapkan terus bisa dijaga sehingga seluruh rangkaian Ibadah Natal bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Dalam pekerjaan pengamanan rangkaian Ibadah Misa Natal, Listyo mengungkapkan Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap setidaknya 18 orang terduga tindak pidana terorisme.

“Untuk hal-hal lain yang menjadi atensi kami dan tentunya mengganggu kelancaran ibadah, dari sisi Kamtibmas, kita tentunya melakukan langkah-langkah. Termasuk kita sudah mengamankan 18 orang yang saat ini kita lakukan pendalaman. Diamankan oleh teman-teman Densus 88,” ucap dia.

“Saya perintahkan kepada seluruh anggota untuk terus siap siaga, layani baik rangkaian Ibadah Natal maupun rangkaian kegiatan mudik balik dan tempat-tempat wisata,” pungkasnya.

Listyo pada hari ini melakukan peninjauan pengamanan di Gereja Reformed Millenium Centre Indonesia dan Gereja Katedral Jakarta.

Tinjauan tersebut dalam rangka memastikan rangkaian ibadah Misa malam Natal 24 Desember 2023 dan Misa Hari Raya Natal 25 Desember 2023 berjalan aman dan nyaman.

Keliling Gereja di Jakarta

Kapolri Listyo, Menko PMK Muhadjir Effendy, hingga Pj Gubernur Jakarta juga mengunjungi sejumlah gereja di Jakarta saat perayaan Misa Natal dan Tahun Baru.

Sejumlah gereja tersebut antara lain, Gereja Katedral di di kawasan Pasar Baru, GKI Gunung Sahari, dan GPIB Immanuel di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam kunjungan itu, mereka yang mewakili pemerintah pusat dan pemerintah provinsi DKI Jakarta mengucapkan selamat kepada umat Kristitiani yang menjalankan ibadah Natal dan Tahun Baru.

“Tentunya Keuskupan Agung, serta Bapak Uskup Ignatius Kardinal Suharyo, yang telah menerima kami dengan baik, dan sekali lagi, selamat ibadah Malam Natal tahun 2023 di Gereja Katedral Jakarta,” kata Heru Budi dalam pidatonya sesaat sebelum pelaksanaan ibadah di Katedral.

(ryn/thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Kapolri: Polisi Amankan Misa Natal di 39.495 Gereja” pada 2023-12-24 19:17:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *