• April 20, 2024 7:59 am
Siti Elina alias Lina binti Nur Halim dihukum empat tahun penjara karena tindakannya menerobos Istana Kepresidenan Jakarta pada Oktober 2022.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Siti Elina alias Lina binti Nur Halim dihukum empat tahun penjara karena tindakannya menerobos Istana Kepresidenan Jakarta pada Oktober 2022.

Pengadilan Negeri Jakarta Timur menyidang Siti dalam perkara 517/Pid.Sus/2023/PN JKT.TIM sejak 18 Juli 2023. Pengadilan memutus Siti bersalah pada 18 Oktober 2023.

“Menyatakan terdakwa Siti Elina alias Lina binti Nur Halim telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana terorisme sebagaimana dalam dakwaan alternatif kedua penuntut umum,” dikutip dari situs Direktori Putusan Mahkamah Agung, Kamis (14/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Siti Elina alias Lina binti Nur Halim dengan pidana penjara selama 4 (empat) tahun,” bunyi lanjutan putusan itu.

Pengadilan menyita 19 bukti untuk dimusnahkan. Beberapa di antaranya senjata api jenis FN, sebuah magazine, dan sebutir selongsong peluru, dua pucuk senjata airsoft gun, dan sebuah pisau.

Pengadilan juga menyita empat buku dan diserahkan ke Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Buku-buku itu berjudul Luruskan Aqidah Anda, Jalan Menuju Hidayah, Pribadi dan Ahlak Rasul, dan sebuah buku catatan pribadi.

“Barang bukti nomor 20 s/d nomor 23 dirampas negara diserahkan ke BNPT untuk dilakukan pengkajian,” bunyi putusan itu.

Sementara itu, bukti berupa uang Rp34 ribu dan lima buku tabungan dikembalikan ke Siti Elina.

Sebelumnya, Paspampres menangkap Siti Elina yang berupaya menerobos Istana Kepresidenan Jakarta pada 25 Oktober 2022. Penangkapan bermula dari kecurigaan Paspampres terhadap gerak-gerik seorang perempuan di depan istana.

Densus 88 mengambil alih kasus itu karena ada indikasi keterlibatan Siti Elina dengan gerakan terorisme. Siti terhubung dengan beberapa akun media sosial yang diduga eks HTI dan NII.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Siti Elina Penerobos Istana Sambil Bawa Pistol Dihukum 4 Tahun Bui” pada 2023-12-14 14:46:49

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *