• April 20, 2024 7:51 am

Prabowo ungkap strategi penyelesaian masalah HAM di Papua

Prabowo ungkap strategi penyelesaian masalah HAM di Papua

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

masalah Papua merupakan permasalahan yang rumit karena di wilayah tersebut terjadi gerakan separatisme

Jakarta (ANTARA) – Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengungkapkan strategi dalam menyelesaikan masalah terkait Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua, apabila dirinya terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024.

“Jadi rencana saya pertama adalah tentunya penegakan hukum, memperkuat aparat-aparat di situ (di Papua), dan juga mempercepat pembangunan ekonomi,” kata Prabowo saat debat capres di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menjawab pertanyaan panelis mengenai tren kekerasan yang meningkat di Papua namun masalah keadilan dan hak asasi manusia (HAM) belum terselesaikan sehingga konflik terus berlanjut.

Menurut Prabowo, masalah Papua merupakan permasalahan yang rumit karena di wilayah tersebut terjadi gerakan separatisme. Dia menilai bahwa dalam gerakan separatisme tersebut terdapat campur tangan asing atau pihak tertentu yang ingin Indonesia disintegrasi dan pecah.

Menurut dia, saat ini kelompok bersenjata di Papua menyerang dan meneror masyarakat setempat yang tidak berdosa, yaitu para perempuan dan anak kecil yang tidak bersenjata. Oleh sebab itu, kata Prabowo, rakyat Papua yang menjadi korban kekerasan harus dilindungi.

“Untuk itu, memang masalah HAM itu menjadi sesuatu yang harus kita utamakan. Dan di antaranya juga kita harus lindungi rakyat Papua,” ujar dia.

Baca juga: Cek fakta, Prabowo Subianto sebut saat ini Indonesia masih aman dan damai

Baca juga: Ganjar: Pemerataan pembangunan butuh pemerintah bersih

Prabowo mengatakan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membawa peningkatan kondisi ekonomi dengan pertumbuhan yang paling tinggi dalam sejarah Indonesia. Selain itu, Presiden Jokowi juga termasuk presiden RI yang paling banyak mengunjungi Papua.

Melihat dampak baik yang dibawa oleh pemerintah, Prabowo pun menegaskan komitmennya untuk melanjutkan kebijakan Presiden Jokowi termasuk membawa kemajuan ekonomi, sosial, dan layanan yang terbaik bagi rakyat Papua.

“Jadi yang saya katakan, saya akan lanjutkan. Kita harus membawa kemajuan ekonomi, sosial, service yang terbaik untuk rakyat Papua, melindungi rakyat Papua dari keganasan para separatis dan teroris, dan menjamin penegakan HAM,” kata Prabowo.

KPU RI menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Jari telunjuk kanan dominasi gerak tubuh Anies saat debat

Baca juga: Debat Capres, Ganjar paparkan visi pemerataan pembangunan SDM nasional

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Indra Arief Pribadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Prabowo ungkap strategi penyelesaian masalah HAM di Papua” pada 2023-12-12 21:33:43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *