• April 20, 2024 8:46 am

Hukum Kemarin, Marthinus jadi Kepala BNN dan Eko Darmanto ditahan KPK

Hukum Kemarin, Marthinus jadi Kepala BNN dan Eko Darmanto ditahan KPK

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Berbagai peristiwa hukum diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (8/12), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Presiden Jokowi lantik Marthinus Hukom jadi Kepala BNN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Petrus R Golose yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan itu dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat pagi, sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor Surat Keputusan Presiden Nomor 182/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di BNN.

Selengkapnya baca di sini

2. KPK tahan eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini resmi menahan mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto setelah yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Pada Jumat pagi, Eko menjalani pemeriksaan dalam kapasitasnya sebagai tersangka dan pada Jumat sore, Eko tampak mengenakan rompi oranye bertuliskan “Tahanan KPK” dengan dikawal oleh beberapa petugas KPK menuju ruang konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Selengkapnya baca di sini

3. Kompolnas sesalkan kasus anggota Polri rudapaksa mahasiswi di NTB

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyesalkan adanya kasus anggota Polri di Polda Nusa Tenggara Barat(NTB) berinisial Brigadir TO (26) diduga melakukan rudapaksa terhadap mahasiswa berinisial PU (20).

“Kami sangat menyesalkan jika benar dugaan bahwa Brigpol TO melakukan tindak pidana perkosaan terhadap anak kosnya,” kata Anggota Kompolnas Poengky Indarti kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini

4. KPK dalami isu keterlibatan petinggi parpol di kasus Kementan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami isu keterlibatan petinggi partai politik dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan), seperti yang dilontarkan Djamaludin Koedoeboen, pengacara mantan menteri pertanian (mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Iya, itu betul, pasti kami akan dalami lebih lanjut,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini

5. BNPT ingatkan mahasiswa waspadai ideologi kekerasan di kampus

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengingatkan mahasiswa untuk mewaspadai penyebaran ideologi kekerasan yang tercatat sering dilakukan di lembaga pendidikan, seperti kampus.

“Institusi pendidikan sering disalahgunakan dalam penyebaran ideologi kekerasan, baik melalui oknum maupun kegiatan ekstrakurikuler yang tak terpantau. Untuk itu, penting bagi para mahasiswa untuk selalu waspada,” kata Pelaksana Harian Kepala BNPT RI Irjen. Polisi Ibnu Suhaendra dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Hukum Kemarin, Marthinus jadi Kepala BNN dan Eko Darmanto ditahan KPK” pada 2023-12-09 10:12:05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *