• April 20, 2024 7:44 am

Kemenperin raih Anugerah Reksa Bandha 2023

Kemenperin raih Anugerah Reksa Bandha 2023

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meraih Juara Kesatu Anugerah Reksa Bandha 2023 dari Kementerian Keuangan untuk kategori Kualitas Pelaporan Barang Milik Negara (BMN) bagi Kelompok Tiga atau Kementerian/Lembaga yang memiliki satuan kerja (satker) lebih dari 100 satker (termasuk penerima dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan).

Anugerah Reksa Bandha merupakan bentuk apresiasi Kemenkeu atas kualitas kinerja dan koordinasi yang baik antara K/L dan para pemangku kepentingan Kemenkeu terhadap pengelolaan BMN dan pelayanan lelang di sepanjang tahun 2023.

“Kami bersyukur atas apresiasi yang diberikan Kemenkeu atas pengelolaan BMN yang dilakukan Kemenperin. Penghargaan ini merupakan motivasi bagi Kemenperin untuk terus mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara dan lelang, yang juga akan berpengaruh bagi pertumbuhan industri nasional,” kata Staf Ahli Bidang Pendalaman, Penyebaran, dan Pemerataan Industri Arus Gunawan di Jakarta, Kamis.

Penghargaan ini juga merupakan salah satu upaya agar pengelolaan aset negara semakin andal dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Dengan capaian ini, Kemenperin telah meraih juara kesatu kualitas laporan BMN dalam tiga tahun berturut-turut sejak 2021.

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan BMN yang andal, efektif, efisien dan akuntabel, Kemenperin terus berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan BMN, antara lain dengan melakukan perencanaan kebutuhan BMN sesuai ketentuan, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan BMN, akselerasi pensertifikatan tanah, melaksanakan pengasuransian BMN, memastikan kualitas pelaporan, serta secara berkelanjutan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang menangani pengelolaan BMN.

Diketahui, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memberikan penghargaan “Anugerah Reksa Bandha” kepada 39 pengelola aset negara dan lelang berprestasi atas kualitas kinerja dan koordinasi yang baik sepanjang 2023.

Anugerah Reksa Bandha terdiri dari lima kategori penghargaan di bidang pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan empat kategori di bidang lelang.

Sri Mulyani berharap Anugerah Reksa Bandha dapat meningkatkan motivasi seluruh kementerian dan lembaga negara serta pemangku kepentingan, sehingga pengelolaan kekayaan negara dan lelang semakin optimal.

Baca juga: Kemenkeu: Pengelolaan BMN perlu diimbangi pengawasan dan pengendalian

Baca juga: Menkeu beri penghargaan 39 pengelola aset dan lelang berprestasi

Baca juga: BNPT terima penghargaan Anugerah Reksa Bandha 2023


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kemenperin raih Anugerah Reksa Bandha 2023” pada 2023-11-23 18:22:44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *