• May 3, 2024 10:08 pm

Polisi Sebut Pelajar Prank Teror Bom Mal Koja Tak Terafiliasi Teroris

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) diduga ditangkap Densus 88/AT Polri terkait kasus terorisme.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Kapolsek Koja Kompol Muhammad Syahroni menyebut pelajar SMA pembuat prank teror bom di Koja Trade Mal, Jakarta Utara, tak terafiliasi jaringan teroris.

Hal tersebut diketahui usai pihak kepolisian melakukan pemeriksaan latarbelakang melalui wawancara dengan pihak keluarga dan pihak terkait.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan kami kepada para orang terduga, mereka belum terafiliasi ataupun tidak terafiliasi dengan jaringan-jaringan teroris tertentu,” kata Syahroni kepada wartawan, Jumat (3/11).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini kita buktikan dengan wawancara dengan pihak keluarga dan pihak sekolah dan semuanya kita nyatakan steril,” imbuhnya.

Kendati demikian, Syahroni mengaku membuka peluang untuk kembali memanggil para pihak terkait untuk mendalami kejadian ini.

“Apabila di kemudian hari ada hal-hal yang perlu kita dalami lagi, kebetulan kita sudah data-data masuk, melakukan memanggil saksi-saksi ataupun data penguat lainnya yang bisa menjerat mereka,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Syahroni menjelaskan pengatasnamaan Noordin M Top oleh para pelaku dalam menyebarkan teror tersebut bersifat spontan.

Sebagai informasi, Noordin M Top adalah sosok gembong teroris asal Malaysia yang bertanggung jawab atas berbagai pengeboman di Indonesia pada dekade 2000an lalu. Berbagai aksi tersebut diantaranya Bom Malam Natal 2000, Bom JW Marriot 2003, dan Bom Kedubes Australia 2004.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jaya Kombes Gidion Arif Setyawan mengatakan terdapat enam pelajar yang terlibat dalam penyebaran teror ini.

“Ditelusuri dari pesan medsos-nya itu yang ditaruh di IG nah didapatkan lah enam orang, enam orang itu anak SMA,” kata Gidion kepada wartawan, Kamis (2/11).

“Nah, mereka ternyata saling nge-share di antara mereka yang isinya ancaman tadi yang mengatasnamakan Noordin M Top,” tambahnya.

(mab/kid)


[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Polisi Sebut Pelajar Prank Teror Bom Mal Koja Tak Terafiliasi Teroris” pada 2023-11-03 16:01:14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *