• May 17, 2024 6:55 pm

Perbedaan Perlu Dikelola dengan Baik Demi Tekan Perpecahan

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

POLRI menekankan pentingnya menjaga keutuhan di tengah masyarakat. Hal itu krusial agar Indonesia tidak terpecah di tengah banyak perbedaan,

“Ketika perbedaan ini kita tidak kelola dengan baik dan bina dengan baik, maka perbedaan itu memiliki potensi menjadikan sebuah perpecahan dan peluang terjadinya gesekan sosial,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam Forum Diskusi Denpasar 12 secara virtual, Rabu (1/11). 

Ramadhan mengatakan masyarakat Indonesia memiliki banyak perbedaan. Mulai dari perbedaan suku, agama, golongan, hingga pilihan dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga : Kemerdekaan Itu Rangkul Perbedaan, Tolak Intoleransi, dan Lawan Radikalisme

“Artinya negara kita dengan Bhinneka Tunggal Ika adalah sebuah kekayaan. Itu yang semestinya,” papar jenderal bintang satu itu.

Baca juga : Tanamkan Pancasila dan Toleransi, SDIT Al Hikmah Bintara Gelar Pentas Karya P5

Ramadhan menyebut perbedaan itu membuat Indonesia kaya akan budaya hingga tradisi. Namun di sisi lain, perbedaan tersebut bisa dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Negara kita rentan bila keutuhan bangsa ini gampang terpecah belah dan bila bangsa ini gampang diadu domba,” ujar dia.

Menurut Ramadhan, seluruh pihak perlu bahu-membahu menjaga persatuan. Salah satu caranya, yakni menyadari bahwa perbedaan bukan dasar perpecahan dan kompak menjaga keutuhan bangsa. (Z-8)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Perbedaan Perlu Dikelola dengan Baik Demi Tekan Perpecahan” pada 2023-11-01 22:35:08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *