• June 21, 2024 7:12 pm

Hukum kemarin, Peringatan HUT RI hingga pemberian remisi 

Hukum kemarin, Peringatan HUT RI hingga pemberian remisi 

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) –

Lima berita hukum pada Kamis (17/8) yang terjadi di wilayah Indonesia masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari peringatan HUT ke-78 RI hingga pemberian remisi kepada 175.510 narapidana.

 

Klik di sini untuk berita selengkapnya

1. Kapolri saat HUT RI ingatkan kemerdekaan diraih dengan perjuangan
 

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat peringatan HUT RI mengingatkan kalangan masyarakat Indonesia tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan untuk bisa keluar dari masa sulit, termasuk dalam meraih kemerdekaan di masa penjajahan.

“Kemarin kita berada di masa yang tidak mudah, masa di mana kita harus bersama-sama berjuang, taklukkan semua tantangan yang ada,” kata Kapolri dalam video ucapan HUT Ke-78 RI yang dibagikan kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

 

Selengkapnya di sini

 

 

2. Kemenkumham beri remisi kepada 175.510 narapidana peringati HUT RI

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi kepada 175.510 orang narapidana dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.
“Kemenkumham dalam hal ini Dirjen Pas telah memberikan remisi kepada 175.510 orang warga binaan,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Saut Poltak Silitonga di Gedung Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Jakarta Selatan, Kamis.

 

Selengkapnya di sini

 

 

3. Setya Novanto-Imam Nahrawi di Sukamiskin terima remisi HUT Ke-78 RI

Ratusan koruptor yang menjadi tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung, termasuk Setya Novanto dan Imam Nahrawi, menerima remisi dalam memperingati HUT ke-78 RI di lapas setempat, Kamis.

 

Kepala Lapas Sukamiskin, Kunrat Kasmiri, mengatakan total narapidana yang mendapat remisi di sana, termasuk Setya Novanto dan Imam Nahrawi, adalah sebanyak 237, dari sebanyak 324 narapidana secara keseluruhan.

 

Selengkapnya di sini

 

 

4. Kapolri: AMMTC perkuat kerja sama cegah kejahatan transnasional

 

 

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mendorong kerja sama lintas negara ASEAN untuk mencegah dan memberantas kejahatan transnasional.

 

“ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 memiliki mandat untuk memfasilitasi dan mendorong kerja sama dan koordinasi negara-negara ASEAN dalam rangka mencegah dan memberantas kejahatan transnasional,” kata Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis.

 

Selengkapnya di sini

 

 

5. Intoleransi adalah bibit penghancur NKRI, kata Kepala BNPT saat HUT RI

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel pada HUT RI mengatakan sikap intoleransi adalah bibit-bibit yang dapat menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Sikap intoleran merupakan bibit-bibit radikalisme yang merasa dirinya paling benar dan merasa orang lain salah dan harus dihancurkan. Ini merupakan bibit yg akan menghancurkan negeri ini,” kata Rycko seusai menghadiri Upacara Bendera Lintas Agama dalam memperingati HUT RI di Masjid Istiqlal, yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

 

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Hukum kemarin, Peringatan HUT RI hingga pemberian remisi “ pada 2023-08-18 06:34:17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *