• July 13, 2024 9:49 am

Wapres hadiri Sidang Tahunan MPR kenakan pakaian Demang khas Betawi

Wapres hadiri Sidang Tahunan MPR kenakan pakaian Demang khas Betawi

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Rabu, mengenakan pakaian adat Demang khas Betawi, DKI Jakarta.

Dalam sidang tersebut, Wapres akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wapres didampingi istri Wury Ma’ruf Amin tiba di Gedung Nusantara sekitar pukul 08.30 WIB. Di lobi utama, Wapres disambut di oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, dan langsung menuju ruang tunggu utama.

Jika tahun lalu Wapres mengenakan busana adat Solo, Jawa Tengah, kali ini hadir dengan mengenakan pakaian Demang khas adat Betawi, Provinsi DKI Jakarta.

Wapres memilih pakaian atas berupa setelan pakaian Demang berwarna hitam dipadu dengan kain bertumpal berwarna cerah dengan hiasan rantai di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai peci berwarna hitam.

Berdasarkan keterangan yang diterima, pakaian adat Betawi yang dipakai Wapres ini memiliki makna kegagahan dan juga kesopanan. Sedangkan peci sebagai penutup kepala melambangkan ketaatan dan kecerdasan.

Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin mengenakan kebaya nasional berwarna coklat dipadukan dengan selendang berwarna senada dan songket Bali bernuansa gelap.

Baca juga: Wapres tekankan pemerintah terapkan dua strategi tanggulangi terorisme

Baca juga: Sidang Tahunan MPR 2023 siap digelar

Baca juga: Bamsoet sebut MPR sudah siap gelar Sidang Tahunan pada Rabu

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Wapres hadiri Sidang Tahunan MPR kenakan pakaian Demang khas Betawi” pada 2023-08-16 09:06:04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *