• May 5, 2024 6:53 am

BNPT Perkuat Kampanye Kontra Radikalisasi Online

Jajaran BNPT diminta kreatif, masif membangun public awareness baik secara offline turun ke lapangan maupun online sehingga Indonesia yang harmoni terwujud.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan, tantangan generasi muda saat ini adalah godaan bersimpati kepada gerakan radikal dan ekstrim lewat janji emansipasi palsu yang berseliweran di internet.

Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel menginstruksikan agar seluruh jajarannya melanjutkan kampanye kontra radikalisasi online yang sejauh ini terus diperkuat guna membangun kedamaian di ruang digital.

Kemudian, seluruh jajaran BNPT juga diminta terus kreatif, terus masif untuk membangun public awareness baik secara offline turun ke lapangan maupun online sehingga Indonesia yang harmoni dapat terwujud.

“Gunakan berbagai macam platform digital untuk membangun kesadaran publik agar menolak apapun itu ideologinya, yang mengajarkan tentang kekerasan, yang mengajarkan tidak bisa menerima perbedaan, yang mengajarkan untuk membenci sesama ke kelompok, apalagi membenci pemerintah, menentang ideologi kita,” kata Rycko dikutip Senin (17/7).

Rycko melanjutkan, hasil penelitian dalam laporan I-KHub BNPT Counter Terrorism and Violent Extremism Outlook tahun 2023 juga mengkonfirmasi kerentanan generasi muda Indonesia.

Dalam laporan itu, interaksi online yang belakangan menjadi tren arus utama, terutama pada masa pandemi Covid-19, dimanfaatkan oleh kelompok ekstremis untuk melakukan radikalisasi online.

“Ternyata ini dimanfaatkan dengan menggunakan radikalisasi online yang disebut dengan online radicalization. Dari online radicalization ini kelompok paling banyak meningkat terpaparnya adalah pemuda, perempuan dan anak-anak,” kata Rycko.

Oleh karena itu, dia mengatakan penting bagi pihak yang berkepentingan untuk membangun public awareness atau kesadaran publik. Publik yang sadar dengan sendirinya tidak akan gampang terjerat janji-janji surgawi yang ditawarkan kelompok radikal ekstrim.

“Sehebat apapun mereka mengajarkan ideologi kekerasan, kalau masyarakat menolak, enggak akan ada gunanya,” katanya.

(inh)



Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “BNPT Perkuat Kampanye Kontra Radikalisasi Online” pada 2023-07-17 10:11:22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *