• June 21, 2024 6:36 pm

Kemarin, Istana Kepresidenan di IKN hingga Airlangga diminta mundur

Kemarin, Istana Kepresidenan di IKN hingga Airlangga diminta mundur

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (12/7), mulai dari Presiden Joko Widodo memastikan pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan lancar hingga ormas pendiri Partai Golkar meminta Airlangga Hartarto mundur dari posisi ketua umum DPP Partai Golkar.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Jokowi pastikan pembangunan Istana Kepresidenan di IKN berjalan lancar

Presiden RI Joko Widodo memastikan pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berjalan lancar sesuai dengan lini masa waktu yang direncanakan.

Presiden menyampaikan hal itu seusai meninjau pembuatan Ornamen Bilah Sayap Garuda Istana Kepresidenan IKN di Workshop Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculture Park, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

2. KPU RI perpanjang masa perbaikan dokumen bakal caleg

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memperpanjang masa perbaikan dokumen persyaratan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) hingga 16 Juli 2023.

Keputusan perpanjangan masa perbaikan dokumen persyaratan bakal caleg itu dimuat dalam Surat Dinas Ketua KPU RI Nomor 700/PL.01.4-SD/05/2023 yang ditujukan kepada KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota serta Surat Dinas Ketua KPU RI Nomor 701/PL.01.4-SD/05/2023 yang ditujukan kepada pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024 tertanggal 10 Juli 2023 yang langsung ditandatangani Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Selengkapnya baca di sini.

3. Ormas pendiri Golkar minta Airlangga mundur dari jabatan ketua umum

Tiga ormas pendiri Partai Golkar, yakni Kosgoro 1957, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), dan Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) meminta Airlangga Hartarto untuk mundur dari posisi Ketua Umum DPP Golkar.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI Lawrence T.P. Siburian dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Anies akui pertemuan dengan Ganjar di Mekkah tak bahas politik

Bakal calon presiden Anies Baswedan mengaku jika pertemuannya dengan Ganjar Pranowo saat menunaikan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi, tidak ada pembahasan khusus mengenai politik.

“Kita sama-sama ibadah, hanya bahas jamaah haji dan bahas ibadah saja. Jadi betul fokus ibadah,” katanya saat tiba dari Tanah Suci di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Mahfud MD: Panji Gumilang adalah ekor NII Kartosowirjo

Menko Polhukam RI, Prof. Dr. Mahfud MD menyebut bahwa Panji Gumilang dan Pesantren Al Zaytun merupakan rentetan dari gerakan Darul Islam dan NII yang dicetuskan oleh Kartosoewirjo.

“Di masa awal kemerdekaan Indonesia, banyak pejuang dari kalangan Islam yang terpinggirkan dan tak tertampung dalam tata kelola pemerintahan,” kata Mahfud MD dalam Halaqah Ulama Nasional, yang digelar di Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kemarin, Istana Kepresidenan di IKN hingga Airlangga diminta mundur” pada 2023-07-13 06:32:52

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *