• July 26, 2024 12:05 am

Mahfud MD Sebut Pesantren Al-Zaytun Terkait dengan NII

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan upaya penyelamatan Kapten Philip Mark Mehrtens tidak boleh diintervensi campur tangan asing.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Menko Polhukam Mahfud MD mengakui ada keterkaitan Negara Islam Indonesia (NII) dengan Pondok Pesantren Al Zaytun.

Mahfud pun meminta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendalami dugaan radikalisme NII di pesantren tersebut.

“Untuk Al-Zaytun sekarang ini kita fokus kepada pidana umumnya, bukan pada radikalisme NII-nya, kan yang sekarang muncul dan sedang ditangani,” ujar Mahfud usai menghadiri acara BNPT, Rabu (5/7).

“Kalau itu nanti biar BNPT terus mendalami dan kami akan terus monitor NII itu. Karena itu sejarahnya memang tidak bisa disembunyikan. Dulu, itu [Al-Zaytun] munculnya itu dari ide kompartemen 9 NII,” sambung Mahfud.

Sejak awal dibangun pada 1996, Ponpes Al-Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang ini sudah memicu kontroversi dan dicap terafiliasi NII.

Belakangan, Al-Zaytun dan Panji Gumilang kembali disorot publik.

Hal itu bermula dari munculnya sejumlah video viral memicu perdebatan, termasuk pelaksanaan salat Idul Fitri di Pesantren Al Zaytun pada April lalu yang dinilai menyimpang.

Dia juga sempat mengeluarkan pernyataan terkait haji tak harus ke Masjidil Haram, tapi bisa dilakukan di Indonesia. Panji juga menyebut Al-Qur’an bukan Kalam Allah SWT, melainkan karangan Rasulullah SAW.

Tak hanya itu, video pernyataan Panji mengaku komunis pun mengundang kontroversi.

Menurut MUI Kabupaten Indramayu, ajaran Al-Zaytun tidak sesuai dengan syariat Islam pada umumnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen MUI Ikhsan Abdullah pun menduga Al-Zaytun terafiliasi kelompok NII.

Bahkan, Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) memutuskan bahwa haram hukumnya untuk memondokkan anak ke pesantren itu.

Di sisi lain, Mabes Polri membuka penyidikan dugaan penistaan agama yang dilakukan Panji Gumilang. Penyidik Bareskrim telah memeriksa Panji beberapa waktu lalu.

CNNIndonesia.com belum bisa mengkonfirmasi pernyataan Mahfud ini ke pihak Al Zaytun. Namun dalam sejumlah pemberitaan, pihak Al Zaytun membantah terkait dengan NII.

NII adalah kelompok yang dibangun oleh  Sekarmadji Maridjan (SM) Kartosoewirjo yang ingin menjadikan Indonesia negara islam. Kelompok ini juga dikenal dengan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII). NII juga kerap disebut sebagai benih cikal bakal gerakan radikal berlatar belakang Islam di Indonesia.

(pop/isn)


[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Mahfud MD Sebut Pesantren Al-Zaytun Terkait dengan NII” pada 2023-07-05 13:38:48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *