• June 21, 2024 7:13 pm

Menteri PPPA ajak media komitmen hadirkan program ramah anak

Menteri PPPA ajak media komitmen hadirkan program ramah anak

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak media untuk menguatkan komitmennya dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak dengan menghadirkan program-program ramah anak.

“Pemerintah mendorong media untuk menguatkan komitmennya dalam hal pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui program-program ramah anak,” kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Minggu.

Dalam upaya pemenuhan hak anak atas informasi yang layak dengan tayangan ramah anak, Kementerian PPPA berkolaborasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dan Lembaga Penyiaran untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan remaja melalui media penyiaran yang ramah anak.

Baca juga: Wujudkan RI layak anak, Kementerian PPPA verifikasi KLA kabupaten/kota

Bintang Puspayoga mengatakan kegiatan ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi yang harapannya dapat memperkuat komitmen terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak serta memberikan edukasi bagi penyelenggara penyiaran dalam mengembangkan program atau tayangan yang ramah anak.

“Media penyiaran sangat strategis dalam memberikan perubahan menuju masyarakat yang lebih baik. Namun, media juga dapat memberikan efek negatif, karena diskriminasi dan eksploitasi terhadap perempuan dan anak saat ini sangat potensial terjadi di media,” katanya.

Bintang Puspayoga mengatakan media penyiaran sebagai kontrol dan perekat sosial harus terus diperkuat, agar bersama-sama melindungi anak Indonesia.

Baca juga: Menteri PPPA: Pesantren ramah anak upaya cegah kekerasan

Menurut dia, upaya ini penting mengingat informasi yang tidak layak anak dapat memberikan dampak negatif bagi anak, di antaranya perilaku kekerasan seksual, kerusakan fungsi otak, perundungan siber, dan kejahatan online.

“Salah satu hak anak yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat adalah hak atas informasi yang layak. Anak harus dilindungi dari berbagai bentuk informasi yang tidak layak, seperti informasi yang mengandung unsur kekerasan, pornografi, dan radikalisme,” katanya.

Baca juga: KemenPPPA gandeng Kominfo standarisasi Daycare Ramah Anak

Oleh sebab itu, menurut Bintang Puspayoga, tanpa mengabaikan sisi hiburan, siaran ramah anak mutlak diperlukan sehingga memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang dan perlindungan anak.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Menteri PPPA ajak media komitmen hadirkan program ramah anak” pada 2023-06-25 11:57:47

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *