• June 13, 2024 7:22 am

BNPT pastikan sarana KTT ASEAN 2023 penuhi standar keamanan

BNPT pastikan sarana KTT ASEAN 2023 penuhi standar keamanan

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel memastikan seluruh sarana dan prasarana acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN telah memenuhi standar keamanan.

“Kami melaksanakan screening terhadap para pegawai yang berada di dalam venue, lokasi-lokasi kegiatan, termasuk akomodasi tempat wisata yang akan menjadi kunjungan para kepala negara, untuk memastikan bahwa personel pegawai yang bekerja di sana betul-betul bisa dipertanggungjawabkan dan masuk dalam kategori aman,” kata Rycko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

BNPT memiliki peran strategis dalam mendukung pengamanan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, hingga Kamis (11/5).

Rycko mengatakan standar pengamanan yang digunakan mengacu pada Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pedoman Perlindungan Sarana Prasarana Objek Vital yang Strategis dan Fasilitas Publik Dalam Pencegahan Tindak Pidana Terorisme.

Baca juga: BNPT dan ASEAN bahas perkembangan strategi penanggulangan terorisme

Mantan kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri itu juga menegaskan dukungan BNPT sebagai lembaga negara untuk turut menyukseskan perhelatan KTT ASEAN dengan menghadirkan situasi yang aman, nyaman, serta bebas dari potensi aksi teror.

“Tentunya,sebagai badan negara, tugas BNPT adalah memastikan bahwa seluruh sarana dan prasarana keamanan yang ada di semua venue, termasuk lokasi acara yang ada di Labuan Bajo memenuhi standar keamanan, khususnya standar keamanan daripada serangan bahaya terorisme,” ujar peraih Adhi Makayasa Akpol 1988 itu.

Dalam menghadirkan situasi yang kondusif, BNPT melakukan peninjauan beberapa lokasi penyelenggaraan berbagai kegiatan dari delegasi negara-negara peserta KTT ASEAN, di antaranya Hotel Meruorah, Hotel Ayana, Hotel Sudamala, Hotel Bintang Flores, lokasi kegiatan Puncak Waringin, serta Golomori yang menjadi salah satu destinasi wisata Labuan Bajo.

Baca juga: TNI koordinasi dengan BMKG untuk modifikasi cuaca selama ASEAN Summit

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “BNPT pastikan sarana KTT ASEAN 2023 penuhi standar keamanan” pada 2023-05-10 11:55:05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *