• July 25, 2024 10:40 pm

Panglima TNI cek kesiapan Satgas Pam TNI untuk KTT ke-42 ASEAN

Panglima TNI cek kesiapan Satgas Pam TNI untuk KTT ke-42 ASEAN

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Labuan Bajo (ANTARA) – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan pengecekan kesiapan Satuan Tugas Pengamanan (Satgas Pam) TNI untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Malam ini saya mengecek kesiapan dari Satgas Pam yang ada di TNI. Dari satgas, semua sudah siap dari sisi pengamanan darat, laut, dan udara serta venue yang sudah ditentukan,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan keterangan pers di Command Center TNI yang berlokasi di Hotel Sylvia Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat malam.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono tiba di Labuan Bajo pada pukul 18.00 Wita menggunakan Pesawat Boeing VIP TNI Angkatan Udara. Setelah mendarat, Yudo Margono langsung melakukan pengecekan kesiapan pasukan TNI dan menggelar rapat hingga pukul 21.00 Wita.

Laksamana Yudo mengatakan satuan tugas pengamanan TNI akan melakukan pengamanan pada semua titik yang telah ditentukan. Khusus pada venue KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah yang berada di pinggir laut, pelaksanaan pengamanan di laut pun perlu diperketat.

“Sekiranya ada tujuh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang telah dikerahkan untuk melakukan pengamanan di Labuan Bajo,” ujarnya.

Panglima TNI mengatakan antisipasi keamanan udara juga telah disiapkan oleh pihak TNI, dengan menyiapkan pesawat tempur di Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, Lanud Hasanuddin Makassar, dan Jakarta.

“Pasukan yang tergelar, TNI ada 10 ribu,” sebut Laksamana Yudo.

Selain mengerahkan prajurit, TNI bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait yakni BNPT, BIN, dan BSSN yang juga tergabung dalam Satgas Pam TNI tersebut.

“Ini baru rapat persiapan awal mengecek kesiapsiagaan prajurit dari Kupang, Bali, Makassar. Sudah saya cek semua sudah datang,” ujarnya.

Penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo dijadwalkan pada 9 Mei sampai 11 Mei 2023, dan bertempat di beberapa venue utama, yakni Hotel Meruorah Labuan Bajo dan Hotel Ayana Labuan Bajo.

Baca juga: Polri gelar Operasi Komodo 2023 amankan KTT ASEAN Labuan Bajo

Baca juga: Aneka hidangan laut jadi suguhan utama tamu KTT ke-42 ASEAN

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Panglima TNI cek kesiapan Satgas Pam TNI untuk KTT ke-42 ASEAN” pada 2023-05-05 21:08:38

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *