• June 26, 2024 4:16 am

Polri Kerahkan 8 Satgas untuk Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Mabes Polri bakal mengerahkan delapan Satgas khusus untuk mengamankan pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Mabes Polri bakal mengerahkan delapan Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran usai mengecek persiapan pengamanan KTT ASEAN ke-42, Rabu (3/5).

Fadil menjelaskan nantinya ada dua tahapan yang akan dilakukan oleh Mabes Polri. Yakni untuk pengamanan side event pada 6-11 Mei dan main event pada 11 sampai 13 Mei mendatang.

“Dalam dua minggu ke depan kami akan melaksanakan pengamanan KTT ASEAN untuk memastikan pelaksanaan acara tersebut berjalan aman, lancar dan aman,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Fadil menjelaskan total terdapat 8 Satgas yang akan ditugaskan dalam Operasi Komodo 2023 yakni Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Tindak, Gakkum, Anti Teror, Humas, dan Banops.

Ia mengatakan masing-masing Satgas tersebut akan dipimpin oleh jenderal bintang satu. Satgas Preemtif misalnya akan dipimpin oleh Dirkamsus Baintelkam Polri Brigjen Djati Wiyoto.

Kemudian Satgas Preventif akan dipimpin oleh Dirsabhara Baharkam Polri Brigjen Rudi Antariksawan. Sementara Satgas Walrolakir dijabat Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan.

Selanjutnya Satgas Tindak dipimpin oleh Danpas II Korbrimob Brigjen Arif Budiman, dan Satgas Gakkum dipimpin oleh Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid.

Sementara untuk Satgas Anti Teror dipimpin langsung Dirtindak Densus 88 Antiteror Brigjen Soeseno Noerhandoko dan Satgas Humas dipimpin Karopenmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. Terakhir Satgas Banops akan dipimpin Karo Tekkom Div TIK Polri Brigjen Giri Purwanto.

“Tentunya nanti masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center dimana di command center tersebut berkantor Kaposko dan Kaminops yang akan mengendalikan dan mengatur mengkoordinasikan keterpaduan pengamanan yang dilaksanakan oleh jajaran Polri,” jelasnya.

Sebelumnya Mabes Polri akan mengerahkan sebanyak 2.627 personel guna mengamankan pelaksanaan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo pada 9 hingga 11 Mei mendatang.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan ribuan personel Polri yang diterjunkan merupakan gabungan dari Mabes Polri, Polda NTT dan Polda NTB.

“Rencana personel yang dikerahkan yakni sebanyak 2.627 yang berasal dari Mabes Polri sebanyak 947 personel, Polda NTT 1.660 personel, dan Polda NTB 20 personel,” kata Sandi dalam keterangan tertulis, Jumat (28/4).

(tfq/pmg)


[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Polri Kerahkan 8 Satgas untuk Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo” pada 2023-05-03 13:17:12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *