• May 3, 2024 9:46 pm

Pilot Susi Air Disandera KKB: Prajurit TNI Tewas, Siaga Tempur Papua

Penyanderaan pilot Susi Air berujung pada kematian prajurit dan naiknya status siaga tempur di sejumlah wilayah rawan Papua.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Penyanderaan pilot pesawat Susi Air Philip Mark Mehrtens pada awal Februari lalu berujung pada prajurit TNI tewas dan penetapan status siaga tempur.

Kapten Philip disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua setelah pesawat yang dia terbangkan diserbu dan dibakar Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Bandara Paro, Nduga, Papua, 7 Februari 2023 lalu.

Pada awalnya, Kapten Philip lewat video menyampaikan OPM akan membebaskan dirinya setelah Papua merdeka. Namun, permintaan itu ditolak dan TNI dengan segala daya dan upaya mengerahkan kekuatan untuk membebaskan Kapten Philip.

Puncaknya, terjadi kontak tembak antara KKB dengan prajurit TNI di wilayah Mugi-Mam, Nduga, pada Sabtu, 15 April 2023. Empat prajurit TNI atas namaPratu Miftahul Arifin,Pratu I, Pratu K dan Prada S tewas. Proses evakuasi jasad prajurit sempat terkendala kondisi cuaca dan medan di lokasi.

Baru pada Rabu, 19 April 2023, TNI berhasil menemukan dan mengevakuasi empat prajurit tersebut ke RSUD Timika, Kabupaten Mimika.

“Tim gabungan TNI-Polri berhasil menemukan empat prajurit TNI termasuk di dalamnya Pratu Miftahul Arifin yang dalam proses pencarian dengan kondisi meninggal dunia,” ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman,Rabu (19/4).

TNI masih mencari satu prajurit yang hilang terkait peristiwa tersebut.

Status Tempur

Merespons kejadian ini,Panglima TNI Laksamana Yudo Margono secara tiba-tiba mengumumkan status siaga tempur untuk daerah-daerah rawan di Papua.

Hal itu disampaikan Yudo pada Selasa (18/4) dan langsung menuai kritik tajam dari organisasi masyarakat sipil khususnya yang fokus terhadap isu kemanusiaan.

“Di daerah-daerah tertentu (yang rawan, red.) kami ubah menjadi operasi siaga tempur. Di Natuna itu ada operasi siaga tempur laut, di sini ada operasi siaga tempur darat. Artinya, ditingkatkan dari yang tadinyasoft approach, dengan menghadapi serangan seperti yang terjadi pada 15 April lalu tentunya kami tingkatkan menjadi siaga tempur,” kata Laksamana Yudo.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono menegaskan siaga tempur di Papua hanya digelar di daerah-daerah yang dinilai rawan serangan dan teror KKB.

Julius menjelaskan siaga tempur perlu dilakukan karena aksi KKB atau Kelompok Separatis Teroris (KST) semakin agresif dan mengancam keselamatan masyarakat, prajurit, juga kedaulatan NKRI.

“Siaga tempur dilakukan hanya di daerah-daerah rawan, daerah yang ditandai sebagai pusat-pusat operasi mereka (Red: KKB). Adapun secara fisik kekuatan alutsista dan persenjataan tidak ada perubahan,” terang Julius.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia UsmanHamid menyebut operasi siaga tempur darat untuk melawan KKB di Papua adalah keputusan yang keliru dan gegabah.

Menurut dia, operasi itu justru berpotensi menimbulkan pertumpahan darah di Papua, akan ada banyak korban sipil dan anggota TNI yang berjatuhan. Selain itu, layanan dan fasilitas umum di Bumi Cenderawasih akan turut terdampak.

“Tindakan Panglima bisa dianggap mendahului kajian yang tengah dilakukan oleh Lemhanas atas perintah presiden,”kata Usman.

Ikhsan Yosarie, Peneliti HAM dan Sektor Keamanan SETARA Institute, memandang eskalasi konflik akan semakin memanas seiring pemberlakuan status siaga tempur darat.

(asa/asa)


[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Pilot Susi Air Disandera KKB: Prajurit TNI Tewas, Siaga Tempur Papua” pada 2023-04-21 12:38:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *