• June 21, 2024 7:07 pm

Kemarin, Endar Priantoro laporkan sekjen KPK hingga pelantikan dirjen

Kemarin, Endar Priantoro laporkan sekjen KPK hingga pelantikan dirjen

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) –

Beragam peristiwa bidang hukum terjadi pada Selasa (4/4), mulai dari Brigjen Pol. Endar Priantoro melaporkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya Harefa hingga Menkumham Yasonna Laoly melantik direktur jenderal (dirjen) HAM dan dirjen Kekayaan Intelektual.

Berikut rangkumannya:

 

1. Endar Priantoro laporkan Sekjen KPK soal pelanggaran kode etik

 

Brigjen Pol. Endar Priantoro melaporkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Cahya Harefa ke Dewan Pengawas KPK soal dugaan pelanggaran kode etik terkait pemberhentiannya dari jabatan Direktur Penyelidikan.

 

“Saya hari ini memang sengaja datang ke Dewan Pengawas KPK untuk membuat aduan atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Sekjen KPK dan salah satu pimpinan KPK terkait dengan penerbitan surat keputusan pemberhentian dengan hormat atas nama saya sebagai Direktur Penyelidikan KPK, serta terbitnya surat penghadapan dari KPK kepada Polri terkait penghentian itu,” kata Endar di Gedung KPK C1, Jakarta, Selasa.

 

 

2. Sembilan jenazah korban pembunuhan dukun dimakamkan di Banjarnegara

 

Sembilan dari 10 jenazah korban pembunuhan berencana dukun pengganda uang berinisial TH alias Mbah Slamet (45) dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Desa Balun, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa siang.

 

Kesembilan jenazah yang telah menjalani autopsi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dan belum diketahui identitasnya itu diserahkan oleh Kanit III Satreskrim Polres Banjarnegara Iptu Imam Sanyoto kepada Pemerintah Desa Balun, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara, untuk dimakamkan di tempat pemakaman desa setempat.

 

 

3. Polda Kalsel amankan Humas PT JGA terlibat pembunuhan terkait tambang

 

Tim gabungan Polres Banjar bersama Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Selatan mengamankan Humas PT Jaya Guna Abadi (JGA) berinisial AB yang terlibat pembunuhan terhadap seorang warga terkait tambang di Desa Mengkauk, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar.

 

“Jadi si Humas JGA ini memberikan perintah kepada tersangka Y yang pertama kali diamankan dalam kasus ini,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Banjarmasin, Selasa.

 

 

4. Densus tangkap empat warga Uzbekistan sebarkan propaganda teroris

 

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap empat warga negara Uzbekistan diduga melakukan aktivitas terorisme melalui propaganda di berbagai platform media sosial.

 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Selasa, menjelaskan dalam pengungkapan ini Tim Densus 88 Antiteror Polri bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara.

 

 

5. Menkumham lantik dirjen HAM dan dirjen Kekayaan Intelektual

 

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly melantik lima orang pimpinan tinggi madya, termasuk di antaranya Direktur Jenderal (Dirjen) HAM Dhahana Putra dan Dirjen Kekayaan Intelektual Min Usihen.

 

“Dengan ini, secara resmi saya lantik pada jabatan sebagaimana tercantum dalam surat keputusan yang telah dibacakan,” kata Yasonna usai mengambil sumpah jabatan para pimpinan tinggi madya di Gedung Sentramulia Kemenkumham, Jakarta, Selasa.

 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kemarin, Endar Priantoro laporkan sekjen KPK hingga pelantikan dirjen” pada 2023-04-05 06:27:40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *