• May 3, 2024 2:33 am

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Senin,3 April 2023. Dito menggantikan Zainudin Amali yang mundur karena menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Hal tersebut dibenarkan oleh sumber dari pemerintahan. Namun, sumber tersebut tidak membeberkan secara jelas waktu pelantikan.

“Iya, hari ini pelantikan,” ujar sumber tersebut saat dikonfirmasi, Senin (3/4).

Baca juga: Jokowi akan Lantik Kepala BNPT dan Menpora Pekan Depan

Selain itu, Jokowi akan melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Rycko dilantik menggantikan Boy Rafli Amar yang masuk masa pensiun.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada Maret 2023 karena usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 6 Mei 2020 menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius.

Baca juga: Ditanya Kekosongan Menpora dan Reshuffle, Jokowi Jawab “Segera”

Boy Rafli merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988. Sebelum menjadi Kepala BNPT, dia pernah menjabat beberapa posisi penting, seperti wakil kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, kepala Divisi Humas Polri, kepala Polda Banten, hingga kepala Polda Papua. Boy Rafli Amar pun telah dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Perwira Tinggi (Pati) Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

Sedangkan Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menpora pada awal Maret 2023 karena terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI periode 2023-2027. Tugas dan tanggung jawab menpora kemudian diemban oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy selaku Pelaksana Tugas (Plt) Menpora. (Z-3)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Dito Ariotedjo Hari Ini Dilantik Sebagai Menpora” pada 2023-04-03 11:05:19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *