• May 15, 2024 7:28 pm

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

APRIL Fool’s Day atau yang akrab kita sebut sebagai April Mop merupakan tradisi yang dilakukan setial tahun di tanggal 1 April di seluruh dunia. Banyak dari mereka yang membuat lelucon jenakan untuk menundang tawa orang disekitar.

Mengutip dari situs History dan Days of the Year, ada beberapa teori menjelaskan asal usul tradisi April Mop. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. April Mop Dimulai pada Tahun 1582

Sejumlah sejarawan berspekulasi, April Mop dimulai pada tahun 1582, ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorioan, seperti yang diminta oleh Council of Trent atau Dewan Trent pada 1563.

Seperti dalam kalender Hindu, tahun baru di kalender Julian dimulai dengan titik balik musim semi sekitar 1 April.

Baca juga: Sejarah Hari Kartini 21 April dan Perjuangan Emansipasi Wanita

Orang-orang yang lambat mendapatkan berita atau gagal menyadari awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari, dan terus merayakan tahun baru selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi sasaran lelucon dan tipuan dan disebut ‘April Fools’.

Lelucon ini termasuk menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai “poisson d’avril” (ikan April), dikatakan melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang mudah tertipu karena lelucon saat April Mop.

Baca juga: Konferensi Asia Afrika (KAA) 18 April: Sejarah, Tujuan, Hasil Sidang

4. Vernal Equinox

Ada juga spekulasi, April Mop dikaitkan dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara, ketika Ibu Pertiwi membodohi orang dengan perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi.

3.April Mop dan Festival

Sejarawan juga mengaitkan hari April Mop dengan festival, seperti Hilaria (bahasa Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele.

Perayaan ini melibatkan orang-orang menyamar dan mengejek sesama warga hingga hakim, dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth.

4. Sejarah Hari April Mop

Hari April Mop mulai menyebar ke seluruh daratan Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi ini digelar selama dua hari diawali dengan “berburu gowk”.

Berburu Gwok sendiri adalah momen dimana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh).

Perayaan diikuti dengan hari Tailie, yang melibatkan warga nge-pranks seseorang dengan cara memasang ekor palsu atau menempelkan secarik kertas bertuliskan “tendang saya” di punggung. (Z-10)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “April Mop Jadi Tradisi? Bagaimana Sejarahnya” pada 2023-04-01 12:38:14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *