• June 21, 2024 7:08 pm

Kepala BNPT raih anugerah Garuda Pelindung dari LPSK

Kepala BNPT raih anugerah Garuda Pelindung dari LPSK

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar meraih anugerah Garuda Pelindung dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Trofi anugerah Garuda Pelindung diserahkan oleh Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo secara langsung kepada Boy Rafli di Auditorium Gedung LPSK, Jakarta, Jumat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua LPSK dengan seluruh jajaran yang memberikan penghargaan ini, Garuda Pelindung, kepada saya selaku Kepala BNPT,” ujar Boy Rafli.

Menurut dia, penghargaan Garuda Pelindung tersebut menambah motivasi kepada jajaran BNPT untuk senantiasa meningkatkan kualitas kolaborasi dan sinergi dalam melindungi serta memberi pemulihan kepada korban terkait kejahatan terorisme.

 

“Kami bersemangat kerja itu karena tugas kami dalam rangka memberikan perlindungan dan pemulihan (kepada korban), mendapat dukungan penuh dari LPSK,” kata Boy Rafli.

Ia mengatakan bahwa BNPT akan mempertahankan dan meningkatkan kinerja, khususnya terkait perlindungan dan pemulihan korban terorisme.

Secara pribadi, kami juga tentu berterima kasih yang tidak terhingga kepada LPSK. Setidak-tidaknya, ini semakin memperkokoh motivasi kami bahwa perlakuan terhadap korban adalah bagian dari misi negara,” ujar Boy Rafli.

Adapun pemberian penghargaan Garuda Pelindung kepada Boy Rafli didasari atas kinerjanya selaku Kepala BNPT yang dinilai positif dan progresif oleh LPSK.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menjelaskan, kolaborasi antara BNPT dan LPSK menghadirkan kerja nyata untuk para korban terorisme, sesuai pedoman dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

“Selama Pak Boy menjabat sebagai kepala BNPT, ratusan korban terorisme masa lalu telah dibayarkan hak kompensasinya,” ujarnya.

Menurut Hasto, BNPT memberikan layanan rekomendasi atau penetapan korban, sementara LPSK melakukan asesmen kepada korban untuk menghitung nilai kompensasi yang akan diberikan.

Kami berharap, trofi ini menjadi satu bukti yang mengabadikan sinergi dan kolaborasi antara LPSK dan BNPT,” kata Hasto.

Anugerah Garuda Pelindung merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh LPSK kepada individu yang dianggap memiliki jasa besar dan peranan yang signifikan terhadap perlindungan serta pemulihan saksi dan korban.

Baca juga: LPSK buka pintu perlindungan bagi saksi korupsi di ESDM

Baca juga: Presiden Jokowi lantik kepala BNPT dan menpora awal April

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kepala BNPT raih anugerah Garuda Pelindung dari LPSK” pada 2023-03-31 13:57:16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *