• July 24, 2024 7:36 pm

Bamsoet Desak Tambah Personel TNI-Polri Amankan Papua

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak pemerintah menambah personel aparat gabungan TNI dan Polri di Papua.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak pemerintah menambah personel aparat gabungan TNI dan Polri di Papua.

“Mendesak pemerintah pusat bersama aparat gabungan TNI-Polri menambah jumlah personel untuk memperkuat dan meningkatkan pengamanan di wilayah Papua, dan memutus mata rantai kebutuhan pokok bagi kelompok kriminal bersenjata (KKB),” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/3).

Penambahan personel itu, kata Bamsoet, untuk menjamin keamanan masyarakat Papua baik di wilayah yang baru saja terjadi aksi teror maupun di seluruh wilayah Papua yang berpotensi terjadi aksi teror KKB.

Dia juga meminta aparat gabungan TNI, Polri, dan pemerintah daerah, fokus dalam menangani kekerasan ataupun penyerangan oleh KKB yang terus berulang di wilayah Papua, dan terus mengejar serta menindak tegas pelaku KKB yang melakukan aksi teror tersebut.

“Meminta pemerintah untuk mengidentifikasi dan memetakan pola penyerangan KKB, guna menentukan strategi yang tepat agar TNI dan Polri bisa memberikan perlindungan kepada warga sipil setempat dalam menangani dan memerangi aksi kekerasan yang dilakukan KKB,” katanya menegaskan.

Bamsoet juga mendesak pemerintah dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama TNI-Polri melakukan langkah preventif dan secara tegas membuka ruang dialog yang persuasif, bersama kepala adat, tokoh masyarakat, pemuka agama, dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Ruang dialog itu untuk menghentikan aksi teror KKB, mengingat selama ini aksi-aksi yang dilakukan KKB di Papua telah mengancam keamanan masyarakat dan menciptakan rasa takut bagi warga sipil dengan tindakan teror yang dilakukan hingga mengakibatkan adanya korban jiwa.

Pernyataan itu disampaikan Bamsoet menanggapi aksi teror KKB yang menembak tukang ojek di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (22/3).

“Menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas korban jiwa yang terjadi dalam insiden tersebut, sekaligus mengecam keras aksi penyerangan KKB,” katanya.

(Antara/rds)



[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Bamsoet Desak Tambah Personel TNI-Polri Amankan Papua” pada 2023-03-25 00:30:03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *