• April 25, 2024 11:15 am

Lima Wartawan Jadi Target Paket Bom

ByRedaksi PAKAR

Mar 21, 2023 ,

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Lima wartawan yang bekerja di radio dan televisi Ekuador menerima paket berisi bom pada Senin (20/3) waktu setempat. Satu dari lima paket bom itu meledak. Untungnya, wartawan penerima tidak mengalami cedera serius.

Kejaksaan Ekuador telah membuka penyelidikan atas kejahatan yang diklaim bagian dari terorisme itu. Sejauh ini motif dan pelaku tengah diselidiki. Alasan di balik penargetan lima wartawan juga dicari tahu.

Menteri Dalam Negeri Ekuador Juan Zapata mengatakan kelima amplop itu dikirim dari Provinsi Los Rios.

Baca juga: Bom Bunuh Diri Tewaskan Sembilan Polisi Pakistan

“Kelima paket itu memiliki kesamaan dan berasal dari Los Rios,” kata Zapata.

Jurrnalis Lenin Artieda dari stasiun TV swasta Ecuavisa di Guayaquil menjadi salah satu target dari paket bom tersebut. Dia menerima sebuah amplop berisi perangkat penyimpanan dokumen yang meledak setelah dipasangkan ke komputer.

Baca juga: Ada Ancaman Bom, Lebih dari 60 Penerbangan di Jepang Dibatalkan

Kantor Kejaksaan Guayaquil juga mengatakan sebuah bom surat dikirim ke kantor TC Television. Menurut dugaan awal Zapata, aksi teror itu dilakukan untuk membungkam media massa.

“Ada pesan yang sangat jelas untuk membungkam jurnalis,” terang Zapata.

Menurut dia, pemerintah Ekuador menolak segala bentuk kekerasan yang dilakukan terhadap jurnalis dan media. “Segala upaya untuk mengintimidasi jurnalisme dan kebebasan berekspresi adalah hal menjijikkan,” tandasnya. (Z-11)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Lima Wartawan Jadi Target Paket Bom” pada 2023-03-21 10:26:32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *