• April 25, 2024 5:48 am

BNPT perluas kerja sama pencegahan terorisme dengan Abpednas

BNPT perluas kerja sama pencegahan terorisme dengan Abpednas

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

“Nota kesepahaman ini berkaitan dengan program pencegahan seperti kontra radikalisasi, kesiapsiagaan nasional hingga deradikalisasi,”

Jakarta (ANTARA) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI memperluas kerja sama pencegahan terorisme dengan menggandeng Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) dan Pemuda Panca Marga.

“Nota kesepahaman ini berkaitan dengan program pencegahan seperti kontra radikalisasi, kesiapsiagaan nasional hingga deradikalisasi,” kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta, Jumat.

Komjen Polisi Boy Rafli Amar mengatakan program pencegahan yang digagas bersama Abpednas dan Pemuda Panca Marga tersebut bertujuan untuk memperluas dan menguatkan setiap elemen masyarakat dalam memperkuat wawasan kebangsaan.

Penguatan tersebut terutama dalam hal empat konsensus nasional dalam berbangsa dan bernegara. Kemudian termasuk pula penguatan nilai-nilai Pancasila, moderasi beragama dan penguatan akar budaya bangsa serta pembangunan kesejahteraan.

Eks Kapolda Papua dan Banten tersebut menyakini dengan penguatan poin-poin tersebut maka diharapkan dapat semakin memperkokoh ketahanan masyarakat terutama dalam mencegah penyebaran paham radikal atau ideologi terorisme.

“Ideologi terorisme ini tidak sejalan dengan sistem nilai kehidupan berbangsa bernegara yang dimiliki masyarakat Indonesia,” kata lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 tersebut.

Boy menyakini melalui kerja sama yang pada prinsipnya mengusung konsep pentahelix, maka diseminasi penguatan nilai-nilai tersebut bisa disebarluaskan.

Sebagai contoh, keberadaan anggota Pemuda Panca Marga yang tersebar di kabupaten/kota hingga kecamatan di Tanah Air, akan membantu pemerintah mencegah paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD NRI 1945.

Demikian juga dengan keberadaan Abpednas yang tersebar di 80 ribu lebih desa di Indonesia maka bisa menjadi bagian terdepan dalam mencegah penyebaran paham radikal dan terorisme. Artinya, apabila dua instansi itu dilibatkan diyakini tidak ada lagi ruang gerak bagi pihak-pihak yang ingin menyuarakan intoleransi, radikalisme dan terorisme.

“Ini membangun sebuah sistem nilai, merawat dan menjaga agar sistem nilai yang diusung jaringan terorisme tidak laku di tengah masyarakat,” kata Boy menegaskan.

Eks Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri tersebut mengatakan baik Abpednas maupun Pemuda Panca Marga diharapkan pula dapat melakukan deteksi dini apabila adanya dugaan penyebaran paham radikal, intoleransi dan terorisme.

Di samping diseminasi dan sosialisasi, kerja sama tersebut juga bertujuan membangun karakter bangsa yang berkepribadian Indonesia. Hal itu secara tidak langsung akan berdampak pada kepekaan terhadap misi yang diusung.

“Jadi, apabila nanti ada melihat orang yang mengarah pada intoleransi dan menggunakan narasi agama, maka dipastikan ingin membuat kekacauan dan harus dicegah,” ujarnya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “BNPT perluas kerja sama pencegahan terorisme dengan Abpednas” pada 2023-02-24 13:33:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *