• April 29, 2024 11:28 am

Kemarin, Presiden menginap di IKN hingga pantau harga pangan

Kemarin, Presiden menginap di IKN hingga pantau harga pangan

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) –

Lima berita politik pada Kamis (23/2) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Presiden Jokowi menginap di IKN hingga minta harga pangan dipantau.

 

Klik di sini untuk berita selengkapnya

 

1. Presiden santap malam menu sederhana di tengah alam IKN

 

Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menikmati santap malam dengan menu sederhana seperti nasi goreng, mi goreng, dan bakmi godog saat bermalam di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis.

Presiden dan Ibu Negara turut ditemani sejumlah menteri yang juga bermalam di sana, menyantap hidangan sederhana itu sambil berbincang santai, demikian keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya di sini

 

2. Jokowi ingin sampaikan optimisme bahwa pembangunan IKN sudah dimulai

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ingin menyampaikan optimisme bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, telah dimulai dan upacara bendera peringatan kemerdekaan RI akan dilakukan di ibu kota baru tersebut pada 17 Agustus 2024.

 

“Saya hanya ingin sampaikan sebuah optimisme bahwa IKN ini sudah dimulai pembangunannya, baik infrastruktur, kantor, dan ini rumah menterinya,” kata Presiden Jokowi di sela peninjauan pembangunan rumah menteri di IKN, Kalimantan Timur, Kamis.

 

 

3. Presiden minta pemda jaga pasokan dan harga pangan

 

Presiden RI Joko Widodo meminta jajaran pemerintah daerah untuk mengantisipasi ancaman persoalan pangan dengan menjaga pasokan dan harga di wilayahnya masing-masing.

 

Menurut Presiden saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis, salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan menjalin kolaborasi antargubernur untuk menyuplai pasokan dan stok pangan satu sama lain.

Selengkapnya di sini

4. Ketua MPR dukung rencana bunga pinjaman nol persen bagi UMKM

 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana pemerintah untuk memberikan pinjaman dengan bunga nol persen bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

 

“Melalui kebijakan tersebut diharapkan bisa menaikkan porsi pembiayaan lembaga pembiayaan dan perbankan untuk UMKM yang saat ini baru 21 persen atau lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangga, meningkat menjadi minimal 30 persen sehingga bisa semakin memajukan UMKM Indonesia untuk mendongkrak daya saing dan menembus pasar ekspor,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

 

5. BNPT ajak masyarakat berempati dengan mitra deradikalisasi

 

Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol R. Akhmad Nurwahid mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan berempati ketika memperlakukan mitra deradikalisasi.

 

“Saat kita memperlakukan rekan-rekan kita yang terpapar paham radikal terorisme, kita ibaratkan seperti memperlakukan orang yang terpapar virus COVID-19. Kita harus peduli dan empati kepada mereka, namun kita juga harus tegas agar mereka isoman dan tidak menyebarkan virusnya ke orang lain,” ujar Nurwakhid dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kemarin, Presiden menginap di IKN hingga pantau harga pangan” pada 2023-02-24 06:05:11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *