• April 20, 2024 2:58 am

Polri: 26 Terduga Teroris Ditangkap Sepanjang Desember 2022

Mabes Polri merinci sebanyak 26 terduga teroris diamankan Densus 88 sepanjang bulan Desember 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan merinci sebanyak 26 terduga teroris diamankan Densus 88 sepanjang bulan Desember 2022.

“Penegakan hukum (Gakkum) pada Desember 2022 sebanyak 26 orang yang dilakukan Gakkum di lima provinsi di dua kelompok baik jaringan JI dan JAD,” kata Ramadhan dalam konferensi persnya, Rabu (21/12).

Ramadhan merinci terdapat enam orang dari terduga pelaku teror itu ditangkap di wilayah hukum Polda Jawa Barat. Mereka memiliki kaitan dengan kelompok Jamaah Ansarut Daulah (JAD).

Sebanyak tiga orang tersangka telah dilakukan penahanan atas nama YD, AH, AS. Kemudian tiga orang tersangka lainnya masih dalam pemeriksaan.

“Dalam pemeriksaan atas nama DP, EJD, DAN AM. Ini jaringannya adalah JAD,” kata dia.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri disebut menangkap 24 orang pascaperistiwa teror bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12) lalu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut penangkapan tersebut dilakukan Densus 88 berdasarkan hasil pengembangan dan pengamanan momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Enam orang kita amankan dari wilayah Jawa Barat, tujuh orang dari wilayah Jawa Tengah, dan 11 orang dari wilayah Sumatera Utara,” ujarnya kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12).

Kendati demikian, Listyo tidak menjelaskan lebih lanjut ihwal jaringan teroris yang ditangkap di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah itu.

Namun terbaru, Divisi Humas Polri menyebut 11 teroris yang ditangkap dari Sumatera Utara berasal dari jaringan Jemaah Islamiyah (JI).

(rzr/isn)



[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Polri: 26 Terduga Teroris Ditangkap Sepanjang Desember 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *