• April 21, 2024 8:47 pm

11 Terduga Teroris yang Ditangkap di Sumut Jaringan Jemaah Islamiyah

Penangkapan 2 terduga teroris ini dilakukan menjelang kunjungan kerja Presiden Jokowi yang dijadwalkan pada 2 sampai 3 Februari 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Mabes Polri menyatakan 11 orang terduga teroris yang ditangkap di Sumatera Utara pada 16 Desember lalu merupakan bagian dari jaringan Jemaah Islamiyah (JI).

“Densus 88 AT Polri menangkap 11 orang pelaku tidak pidana dari Jaringan terorisme JI di Kota Medan dan Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (19/12).

Salah satu terduga teroris yang ditangkap yakni HRM diduga berperan sebagai ketua dan admin Syam Organizer (SO) Sumatera Utara sejak 2018 sampai 2020.

Kemudian tersangka IS alias O yang merupakan EO dari Aljabali pada saat melarikan diri ke wilayah Banda Aceh.

Lalu N alias B alias Pak Bil sebagai Murobi Adira (Akademi Pendidikan dan Pengkaderan) Bukhori yang juga merupakan kader JI angkatan kelima pada tahun 2015.

“Dan bagian Propam dan Keamanan Adira tahun 2016 sampai tahun 2018,” jelasnya.

Selanjutnya, tersangka MS yang merupakan mantan Bendahara Adira kelompok JI. Berikutnya, J selaku Qoid T3 (Taklim, Tarbiyah, dan Tahmidz) di wilayah Sumatera bagian Utara.

Lalu tersangka W yang merupakan anggota Toliyah atau pelindung atau tim pengamanan para pelarian JI Sumatera Utara sejak tahun 2013 dan sebagai pelatih navigasi darat.

Densus 88 juga menangkap S selaku anggota kelompok JI Sumut. Ramadhan mengatakan S merupakan panitia pembangunan Pondok Tahfidz Ibnul Zauzi.

S alias UA alias Anshorlah yang merupakan ketua JI Tanjung Balai. Berdasarkan struktur wilayah Sumatera Utara, S disebut juga menjabat di bagian Fatwa.

Kemudian, RT selaku anggota Toliyah JI Sumatera Utara dan pelatih navigasi darat. Kemudian RG sebagai Bendahara Kowilah Tahun 2021.

“Terakhir, A merupakan anggota kelompok JI dan sebagai bendahara Yayasan At Taubah,” jelasnya.

Ramadhan mengatakan saat ini seluruh tersangka sedang diperiksa oleh penyidik Densus 88 guna pengembangan penyidikan lanjutan.

(tfq/bmw)



[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | 11 Terduga Teroris yang Ditangkap di Sumut Jaringan Jemaah Islamiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *