• April 25, 2024 6:19 am

Kompolnas Respons Kamaruddin Simanjuntak Sebut Polri Mengabdi ke Mafia

Kompolnas respons pengacara Kamaruddin Simanjuntak yang menyebut anggota Polri mengabdi kepada mafia.

Jakarta, CNN Indonesia

Kompolnas meminta pengacara Kamaruddin Simanjuntak untuk memberikan data yang valid terkait pernyataannya yang menyebut anggota Polri mengabdi kepada mafia.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Kompolnas Poengky Indarti merespon pernyataan Kamaruddin yang menyebut anggota Korps Bhayangkara lebih banyak menghabiskan waktu mengabdi kepada mafia.

Poengky menilai pernyataan Kamaruddin tersebut cukup berbahaya karena dapat menyesatkan publik apabila tidak disertai dengan bukti atau data-data yang valid.

“Jangan sampai hanya menggunakan haknya berbicara tanpa didukung tanggungjawab untuk menyajikan disertai data-data yang valid, karena hal tersebut justru menyesatkan publik,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (14/12).

Menurut Poengkya, saat ini para anggota Polri telah bekerja cukup baik dan maksimal untuk melaksanakan tugasnya di tengah-tengah masyarakat.

Ia tak menampik apabila saat ini masih ada saja anggota Polri yang kedapatan melakukan perbuatan melawan hukum. Hanya saja, kata dia, di internal Polri sendiri juga sudah ada mekanisme reward and punishment.

Berbeda dengan Kamaruddin, Poengky menyebut saat ini juga masih banyak anggota Polri yang bertugas di lapangan dan melebihi jam kerja mereka.

“Contohnya Bhabinkamtibmas di kampung-kampung benar-benar melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat, selama 24 jam sehari mengupayakan terwujudnya harkamtibmas di wilayah penugasan mereka,” jelas dia.

Untuk penegakan hukum terhadap teroris, Poengky menyebut Densus 88 Antiteror Polri setiap hari melakukan pemantauan di lapangan dan menangkap anggota jaringan teroris.

“Bahkan, saat Indonesia dilanda Covid-19 dan saat bencana alam terjadi, pimpinan serta anggota Polri berada di garis depan membantu Pemerintah menangani, sehingga masyarakat dapat terlindungi,” pungkasnya.

Kamaruddin Simanjuntak sebelumnya melontarkan menyebut bahwa rata-rata polisi di Indonesia mengabdi kepada mafia. Dia berseloroh bahwa banyak anggota Polri hanya seminggu mengabdi kepada negara, sedangkan sisanya mengabdi kepada mafia.

Dia mengaku pernah menemukan polisi berpangkat perwira menengah (pamen) telah memiliki kebun sawit hingga 500 hektar dan kekayaan mencapai Rp400 miliar.

“Ini kan ajaib. Jadi kita tidak bisa hidup munafik. Makanya rata-rata hartanya puluhan miliar sampai ratusan miliar sampai triliunan,” kata Kamaruddin di kanal YouTube Uya Kuya, Jumat (9/12).

“Polisi itu rata-rata mengabdi kepada negara cuma seminggu. 3 minggu itulah mengabdi kepada mafia. Kita jujur aja lah, enggak usah hidup munafik. Makanya polisi banyak hartanya rata-rata,” tambahnya.

(tfq/DAL)



[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Kompolnas Respons Kamaruddin Simanjuntak Sebut Polri Mengabdi ke Mafia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *