• May 3, 2024 3:55 pm

KTT G20 di Nusa Dua Bali 15-16 November 2022 berlangsung aman. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar memuji koordinasi Polri dan TNI dalam mengamankan event prestisius yang dihadiri para pemimpin besar dunia.

“Selamat kepada Kepolisian dan TNI telah sukses menjaga kemanan penyelenggaraan KTT G20 dari awal hingga ditutup Bapak Presiden,” kata Boy.

BNPT, lanjut Boy, telah menyatakan komitmennya dalam mendukung Presidensi G20 Indonesia 2022. BNPT akan memaksimalkan program pencegahan terorisme hingga berakhirnya KTT G20. Koordinasi agar KTT G20 berjalan dengan aman dan kondusif terus dilakukan BNPT. Pelatihan antara lain mitigasi aksi terorisme integrative, koordinasi sistem pengamanan di venue KTT G20, serta kesiapsiagaan nasional pengamanan KTT G20 dengan aparat penegak hukum di Bali dalam rangka pencegahan terorisme.

“Kami akan meningkatkan aktivitas terkait Indonesia menjadi tuan rumah G20, kami akan memaksimalkan program kami dari pra, pruncak, sampai akhir tahun setelah pelaksanaan G20 di Bali dan beberapa kota di Indonesia,” ucap Boy.

Salah satu program pencegahan terorisme yang dilakukan BNPT dengan meningkatkan frekuensi koordinasi dengan aparat penegak hukum dan pemerintah daerah, serta menguatkan peran masyarakat dalam mencegah aksi terorisme.

“BNPT mengkoordinasikan aparat keamanan termasuk pemerintah daerah, kami tentu meningkatkan frekuensi koordinasi serta penguatan dukungan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu BNPT juga telah menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka membangun kewaspadaan masyarakat menjelang puncak penyelenggaraan Presidensi G20 seperti pelatihan mitigasi aksi terorisme integrative yang melibatkan aparatur negara di wilayah Bali, koordinasi sistem pengamanan di venue G20, serta kesiapsiagaan nasional pengamanan G20 dengan aparat penegak hukum di Bali.

“Menjadi tuan rumah G20 merupakan kebanggan Indonesia, BNPT bersama seluruh elemen bangsa  mendukung dan mensukseskan Presidensi G20 2022,” katanya.

Tidak berhenti sampai KTT G20, kolaborasi pencegahan radikalisme dan terorisme antara BNPT RI, TNI, Polri, dan kementerian/lembaga terkait akan terus diperkuat. Ini  menjadi perhatian serius  karena ideologi transnasional masih terus berupaya menyasar generasi muda Indonesia yang mana tidak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

“Kita bersama-sama harus terus menjaga dan mencegah berkembangnya ideologi yang tidak sesuai dan bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia,” lanjut Boy Rafli. (J-1)


Sumber: Media Indonesia | KTT G20 Berlangsung Aman, Kepala BNPT Puji Koordinasi Jajaran Pengamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *