• April 20, 2024 8:29 pm

Kepala BNPT Ajak Generasi Muda Bentengi Diri dari Paham Radikalisme

TIDAK ada cara yang lebih ampuh dalam melawan terorisme kecuali dengan melibatkan masyarakat. Hal itu dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia Komjen Pol. Boy Rafli Amar.

Menurutnya, cara ampuh dalam melawan ideologi radikalisme terorisme dapat dilakukan dengan pertahanan semesta. Salah satunya  dengan pendekatan soft approach melalui dialog kebangsaan. 

“Kita lawan terorisme dengan pertahanan semesta dalam menghadapi ideologi terorisme salah satunya melalui warung NKRI ini,” ujarnya.

Boy menerangkan perang melawan faham radikalisme tidak bisa lagi dengan senjata  namun dengan penguatan rasa cinta tanah air dan bangsa. “Jadi kalau masyarakat cinta NKRI, musuh negara yang namanya terorisme tidak akan pernah bisa datang.”

Ia menambahkan, sosialisasi ideologi kebangsaan dan membangun gerakan cinta NKRI di seluruh Indonesia sangat penting dan strategis sebagai upaya vaksinasi terhadap virus intoleran. “Kita harus yakin negara kita dapat melawan  terorisme melalui wawasan kebangsaan, revitalisasi Pancasila, moderasi beragama, pembangunan kesejahteraan dan penguatan akar budaya bangsa.” 

Menurut dia kelompok teroris tidak suka dengan keberagaman karena sifat mereka yang ekslusif dan intoleran. Karena itu generasi muda baik pelajar, mahasiswa, anggota organisasi kemasyarakatan menjadi garda terdepan untuk melawan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. (RO/A-1)


Sumber: Media Indonesia | Kepala BNPT Ajak Generasi Muda Bentengi Diri dari Paham Radikalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *