• May 5, 2024 5:45 am

Hadirkan Pakar dan Pengusaha, UNPAM Dorong Mahasiswa Menjadi Entrepeneur Muda

PROGRAM Studi (Prodi) Sekretaris D-III bekerja sama dengan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar webinar  kewirausahaan  dengan tema Menggerakan Perekonomian Nasional Pascapandemi Covid-19 Melalui UMKM, kamis (20/10).

Rektor  Universitas Pamulang E Nurzaman mengatakan, webinar itu dapat memberikan motivasi kepada  mahasiswa untuk menjadi wirausahawan (entrepreneur) muda yang mampu menciptakan lapangan kerja dan ikut berperan serta dalam membangun perekonomian bangsa dan negara melalui UMKM. 

Nurzaman menekankan seluruh mahasiswa Universitas Pamulang, wajib mengikuti mata kuliah kewirausahaan  apapun program studinya dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa menjadi wirausahawan muda yang sukses.

“Harapannya begitu selesai kuliah mahasiswa tidak perlu mencari kerja, namun dapat membuka banyak lapangan kerja untuk orang lain,” tegas Nurzaman yang juga mantan Sesditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristeka

Webinar nasional itu menghadirkan  tiga narasumber, diantarnya R. Agung Nugraha pemilik PT Eran Tenikatama Group,  yang merupakan salah satu unit  usaha perusahaan ini bergerak dalam bidang  pembuatan   spare part sepeda motor .

” Menjadi pengusaha  itu mudah, lakukan apa yang menjadi  hobi kita  menjadi  sesuatu yang memiliki nilai jual dan menghasilkan value atau nila juga  jangan gengsi, ” pesan R Agung Nugraha pada webinar tersebut.

Baca juga : Santri Diajak Gelorakan Semangat Resolusi Jihad Melawan Terorisme

Dia mengimbau kepada peserta dan kalangan mahasiswa dan calon wirausahawan lainnya mampu memanfaatkan media sosial secara  maksimal  sebagai media promosi.

” Bahkan anda  bisa menggunakan  perusahaan milik orang lain untuk membuat produk anda. Hal ini  sudah banyak  di lakukan  oleh pengusaha besar yang  sudah  memiliki merk namun  tidak  ingin memiliki  pabrik  dan mesin sendiri, ” tukas Agung Nugraha.

Narasumber berikutnya, Budiyono  dari  Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro  (Undip)  memaparkan  tugas pendidikan tinggi adalah menciptakan  sumberdaya manusia ( SDM)  unggul  dan  mengembangkan  inovasi yang mampu meningkatkan  daya  saing bangsa serta mendorong  pertumbuhan ekonomi  bangsa menuju kearah yang lebih baik.

‘ Pada akhirnya  perguruan tinggi menjadi agen pengembangan ekonomi  bangsa   dan negara. Tantangan  bagi para pelaku  usaha  mikro  kecil menengah pasca pandemic covid-19   adalah permodalan, pejualan  serta   distribusi,” kata Budiyono.

Dikatakan solusi yang bisa dilakukan dengan cepat bagi pelaku usaha UMKM terkait dengan penjualan serta  distribusi  adalah melakukan  transformasi bisnis  ke arah  digitalisasi  bisnis  sesuai  dengan  perkembangan bisnis  di  era industri  4.0, dimana  perilaku berbelanja  masyarakat sekarang sudah berubah.

“Maka cara kita menjual produk juga berubah sehingga  masalah  permodalan juga akan terselesaikan , ”  tambah Rahmat Yuliawan, narasumber dari Universitas  Airlangga Surabaya (Unair) pada webinar tersebut. (OL-7)


Sumber: Media Indonesia | Hadirkan Pakar dan Pengusaha, UNPAM Dorong Mahasiswa Menjadi Entrepeneur Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *